Monday, January 21, 2019

Blogging itu soal waktu

Assalamualaikum,

Jadi saya ikut sebuah acara workshop tentang blogging dan vlogging di salah satu hotel di Surabaya. Menurut saya isinya bagus sih, ngenalin Ibu-ibu yang notabene sebelumnya bukan blogger, jadi seorang blogger, begitupun menjadi vlogger. 

Photo by rawpixel on Unsplash
Namun point utama yang diberikan pada sesi workshop tersebut hanya, jadi blogger itu cuma untuk sekedar review produk, masukin link, promosi website tertentu, dan hal-hal yang berhubungan dengan online marketing. Ya nggak pa-pa sih, blogging memang bisa dapet duit kok. Cuma, tim workshopnya tidak menjelaskan bahwa menjadi seorang blogger itu butuh waktu. Buat blog-mu lebih bernilai dengan posting banyak dulu di blog, latihan yang banyak, sampai punya pagerank yang tinggi. Jadi kita punya nilai saat di googling. Sama saja seperti orang bekerja, untuk menjadi seorang yang profesional semuanya butuh usaha dan waktu, nanti suatu saat dia akan meningkat, dari taraf pegawai biasa jadi manajer misalnya.

Waktu itu bisa bermacam arti, waktu untuk belajar menulis yang baik, waktu untuk menulisnya (yang saya yakin setiap orang punya spare waktu yang beda-beda), saya misalnya susah banget untuk menyempatkan waktu untuk nulis di depan laptop, di depan ponsel-pun kadang-kadang saya tidak teselesaikan dengan sempurna, yang ada cuma jadi draft. Plus terakhir, komitmen dalam waktu, maksud saya adalah bisa saja, saya menyempatkan satu jam dalam sehari hanya untuk ngeblog, nah saya nggak yakin semua sanggup, atau punya komitmen untuk itu.  

Blogging should be fun sih emang ya, kalau memang menulis adalah passionmu. Tapi jangan juga sekedar ikut-ikutan temen saya ngeblog dan dapet duit, ah saya juga ah, padahal penulisannya masih amburadul. Saya juga bukan sok menganggap tulisan saya udah bener sih, jauuuh lah dari itu. Cuma berharap "guru-guru" blogging di luar sana, menyatakan sesuatu yang lebih realistis. Jadi ilmu yang didapat juga tidak sekedar lewat doang gitu.  

Eh tapi kenapa oh kenapa kamu mau jadi blogger Fen ? kan udah 12 tahun punya blog ? hehehe, saya ngincer jadi vlogger sih, tapi sepertinya kapasitas gadget saya sementara ini masih belum oke xD

Maafkan saya yang tiba-tiba muncul di awal tahun ini dengan ocehan tak jelas xD

I think that's all, thank you 

Wassalamualaikum, 

2 comments:

Nike said...

akhirnya blog ini kembali...
aku senang bisa blogwalking lagi :)

ngeblog lagi dong fen, kayak gini

Fenty Fahminnansih said...

@nike : thanks ke, semoga istiqomah lagi, walaupun kemungkinan isinya adalah curhatan, hahahah

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...