Saturday, March 3, 2018

11 years blogging

Assalamualaikum,

Terasa nggak sih kalau saya sedang rajin menulis beberapa waktu terakhir ? 

Ini kalau jaman dulu, saat blog masih menjadi cara terbaik untuk menulis di publik, yang komen pasti lebih dari 30 orang, iya sebanyak itu "follower" saya dulu, mungkin yang komentar sering sekali membicarakan "eh iya, lagi sering nulis ya, Fen, kemaren-kemaren kemana aja ?"
Hahahaha....

Jadi sebenarnya saya ada proyek, proyeknya adalah menulis setidaknya 2 kali dalam seminggu, karena kebetulan saya "memerintah" mahasiswa saya untuk melakukan hal yang serupa, nggak ding, saya menyarankan mereka (demi nilai) untuk menulis satu tema dalam seminggu. Dan supaya seimbang, dosennya nggak asal perintah aja, saya akhirnya menantang diri saya untuk menulis juga. Kebetulan saya mengajar kuliah copywriting 2 kelas, jadi otomatis saya menulis 2 kali dalam seminggu. Proyek ini sebenarnya menguntungkan untuk saya karena saya terpaksa harus nulis, demi pagerank xD.
taken from this web
Tema minggu ini dalam salah satu kelas adalah Pengalaman. 
Saya kemudian berpikir, yah bolehlah saya menulis tentang pengalaman saya nulis di blog.
Saya sudah menulis di blog ini selama hampir 11 tahun (hampir, karena baru mulainya November 2007, tapi sebelumnya saya juga punya blog lain, yang saya lupa apa namanya)  Haduuh setua itu saya, sudah 136 purnama lah xD (iseng ngitung) 

Ini blog saya yang paling istiqomah, karena ya, saya punya beberapa blog lain dengan tema berbeda, ada salah satunya tempat saya share produk handmade saya, ada yang tentang rencana pernikahan saya dulu (yang sudah nggak kepegang, karena kan nggak nikah lagi, hehehe) dan dulu saya pernah membahas tentang tugas-tugas saya jaman S2. 

Tidak berfaedah ? Ah masa sih? Saya rasa menulis adalah salah satu cara kita untuk mencatat apa yang pernah kita lakukan di masa lampau. Kalau jaman dulu banget kita pakainya buku diary, sekarang akan lebih mudah melakukannya karena kita bisa share di blog kita. Walaupun ada juga manusia introvert yang nggak mau apapun kegiatannya diketahui oleh massa, boleh juga lah blog itu diprivate (saya juga punya private blog, heyaaa banyak amat, Fen?) jadi ngurangin rasa depresi kita, karena menulis itu healing, kalau memang nggak mau membahasnya secara langsung dengan orang lain :)

Keuntungan lain ngeblog, bagi kamu yang punya bakat jadi jurnalis, bisa datang ke kegiatan-kegiatan menarik tertentu dan menulis tentang kegiatan tersebut. Endingnya mungkin bisa jadi uang untuk kamu (ini modus supaya mahasiswa saya aktif ngeblog) hehehe. Review produk-pun bisa mendatangkan pundi-pundi uang, jadi saya rasa semua hal bisa dilakukan jika kita aktif menulis. Saya pernah diundang nonton konser salah satu band Amerika secara gratis, asal saya nulis di blog saya setelah itu. 

Pengalaman itu membuat saya merasa banyak sekali keuntungan yang saya dapat, tulisan saya pun juga terasa berkembang dari waktu ke waktu. Di awal menulis dulu bahasan saya menye-menye dan hanya membahas tentang kebaperan saya aja, namun semakin ke sini ternyata banyak hal yang sudah saya perbaiki dari tulisan saya, dari cara saya berpikir pun juga berkembang. Walaupun setiap orang pasti punya karakter dalam tulisannya. Saya sendiri mungkin bukan dan tidak akan pernah pernah bisa menulis tulisan yang terlalu serius. Walaupun jika terpaksa, saya harus bisa menulis untuk alasan akademis, penelitian atau laporan misalnya.  

Jadi nikmati prosesnya, siapa tau ini memang passionmu
So keep on blogging, guys
Disini tulisanmu tercatat dalam sejarah ^_^

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

3 comments:

Yunan said...

Maantaaap...tetap istiqomah hehehe..saya sudah lupa kapan terakhir posting artikel sendiri wkwkwk...

mustikasari said...

Keren feen.. keep writing for more years to come yaa! I am one of your loyal readers. ;)

Fenty Fahminnansih said...

@yunan : aaaah, dirimu pasti hadir saat waktunya bayar domain, hahahaha

@mustika : aamiiin, semoga selalu istiqomah :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...