Thursday, February 22, 2018

Pesan dari mbak Diana, untuk semua Ibu

Assalamualaikum,

Ada yang follow Diana Rikasari di instagramnya ? Atu blognya mungkin ?
Diana saat ini sudah menjadi seorang mommy kece selama beberapa tahun terakhir (seperti saya, halah :))). 

Well, bagi followernya pasti sering melihat isi postingannya yang quirky namun positif, salah satu yang menurut saya menarik adalah postingan Diana tentang motherhood beberapa hari lalu, yang diawali oleh curhatannya tentang putrinya yang ia "paksa" untuk memakan wortel di sarapannya, hingga muntah. Lalu kemudian ia bercerita bahwa menjadi seorang Ibu itu tidak mudah, yes, kami semua para Ibu merasakannya. Mau kita full time mother, working at office mother, full time not too full mother macem saya, hahaha, dan berbagai macam Ibu di dunia ini, semua memiliki strugglenya masing-masing. Kemudian ia mengklasifikasikan 4 hal yang ia pelajari setelah menjadi Ibu selama 4 tahun (toss, Dee, sama2 4 tahun kita *sok kenal xD)

1. "Mother know best"
Dan dia berkata, nope, tidak, alias nehi! hehehehe. Oh can't agree more, kadang memang kita nggak tau yang terbaik untuk anak, walaupun suka sebel kalau orang lain merasa "memahami" apa yang si anak ini butuhkan. Yah, well, harus saya akui mereka benar. Saya pribadi kadang memiliki ego tinggi untuk nggak percaya dengan apa yang orang lain katakan (kadang itu dari Ibu saya sendiri) dan merasa percaya dengan apa yang kita lakukan untuk anak kita adalah yang terbaik. But nope, kita bisa saja melakukan kesalahan. Saya juga cukup setuju dengan Diana, dimana saat ini informasi sebenarnya sangat mudah didapatkan, entah dari artikel yang kita googling, ikut forum, tanya dengan orang yang lebih dulu mengalami atau bahkan konsultasi dengan dokter atu ahli2 tertentu, walaupun dalam prakteknya apa yang kita harapkan belum tentu sesuai dengan kenyataan. Intinya memang harus lebih menurunkan ego, lebih woles dan tetap berpikir positif :)

Me and other half ^_^
2. Nggak ada yang namanya supermom! 
Yes, so true, kadang kita memandang rendah diri kita saat melihat Ibu yang "penampakan"nya jauh lebih baik dari kita. Mengapa dia bekerja tapi masih bisa begini begitu, kok dia bisa sih asi-nya full terus, kok bisa sih jadi ibu rumah tangga yang sukses, dan lain sebagainya, dan ada di satu titik merasa ah mereka supermom, sedangkan saya tidak. Saya sebenarnya cukup yakin semua Ibu merasakannya, atau saya saja ya ? Tapi setelah menelaah lebih dalam (bahasa gueh), nggak mungkin lah nggak ada celanya. Pernah suatu saat saya dianggap sebagai sebagai Ibu yang "hebat" oleh beberapa teman saya yang lebih muda daripada saya, lalu saya merasa, oh jika saya saja disebut seperti itu, berarti orang lain yang saya anggap hebat, mungkin punya perasaan inferior yang sama ya ? Jadi, yes, nggak ada yang namanya supermom, yang ada adalah Ibu yang berusaha terbaik, apapun hasilnya untuk anak-anak dan keluarganya.

3. Fokus pada kebahagiaan anak, bukan pada apa yang sudah bisa ia lakukan sekarang
Sungguh, poin yang ini rasanya ngebogem saya banget. Saya sering sekali sedih melihat anak saya yang tubuhnya tidak sebesar teman-teman sekolahnya. Mengapa dia belum bisa ini, belum bisa itu (jika dibanding dengan teman-teman seusianya, bahkan lebih muda dari usianya) Saya sering juga curhat dengan suami tentang hal ini, tentu saja setelah saya curhat suami pasti akan langsung bilang, jangan lihat apa yang terjadi saat ini, apa yang terjadi saat anak balita belum tentu menentukan jadi apa dia 5, 10 bahkan 20 tahun dari sekarang, jadi jangan pernah meragukan anakmu. Yes, kadang saya terlalu menuntut, walaupun di satu titik bisa saja saya woles, di saat lain bisa saja saya sensitif, semoga ke depannya bisa lebih baik menanggapi hal ini. Wish me luck :)

4. Be kind to other mothers
Oh ya, saya tau kadang mulut dan tangan (untuk mengetik) kita bisa sangat kejam ketika berpendapat setelah melihat hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita pikir lebih baik. Semakin desawa usia saya, jujur saya lebih sering menghindari konflik yang seperti ini, nggak usah komen kalau nggak perlu, nggak usah ngomong kalau tidak diminta pendapatnya, dan nggak usah terlalu comel sama urusan orang, apalagi Ibu lain. Kita nggak pernah tau apa saja yang telah Ibu tersebut lakukan pada anak-anaknya, kita nggak pernah tau kalau apa yang kita ucapkan, mungkin secuil saja bisa saja menyakiti hati orang tersebut. Karena saya pernah ada di posisi itu, both of them actually, walaupun saat saya komentar tentang hal yang menyakitkan itu karena saya belum ada di posisinya (bukan pembenaran, tapi hanya saja waktu itu saya belum dewasa dalam berpikir) dan ketika itu mengenai saya dan apa yang terjadi pada anak saya, ouh walaupun ucapannya tidak jahat, tapi itu cukup membuat saya sakit hati. Jadi saya lebih berhati-hati dalam berbicara pada orang dan komentar di sosial media manapun, atau ya diam saja :)

Jadi, terimakasih pesannya mbak Diana, cukup membuat saya dan Ibu-ibu lain berkaca, dan untuk selalu belajar bersama agar menjadi orang tua dan khususnya Ibu yang lebih baik :)

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

Tuesday, February 20, 2018

#coretanbumasrum hobi lama bersemi kembali

Assalamualaikum, 

Saya sudah cukup lama tidak menggambar di kertas secara serius, bahkan sejak saya kuliah sepertinya (ya ampun lama ya), beberapa tahun terakhir fokus saya menggambar di kain untuk dijahit kan, hehehe, tiba-tiba menggambar apapun di media apapun menjadi momok bagi saya,  jadi merasa kurang percaya diri saja menggambar setelah melihat yang "lebih" dari saya. Hahaha, iya nggak pede, padahal ya sebenarnya selow aja, nikmati hidup :D

Namun kemudian, saya tertarik pada sebuah akun instagram yang berisi tentang ajakan untuk menggambar ulang suatu gambar dengan versi masing-masing di dalam instagramnya. Judul akunnya @gambareng, sepertinya memang gabungan dari gambar bareng.
Suka konsepnya yang nggak perlu gambar bagus-bagus yang penting posting (dan happy kalau buat saya), boleh pakai media apapun dan yang follow masih sedikit, memungkinkan untuk masuk feature, hahahaha *ketawa licik xD
yuk follow, siapa tau ingin gambar-gambar di sela waktu kalian :)
 Akhirnya saya mulai niatkan deh dengan menantang diri saya untuk mengerjakan PR yang diberikan gambareng tiap minggu, saya membeli buku sketsa A4 (yang affordable, siapa tau niat saya runtuh, hahaha) dan kemudian mulai membuka pensil warna dan alat warna saya yang lain lagi. Dan menggambar dengan bahagia ^_^ ya, ternyata hobi lama saya yang coba saya mulai lagi ini membuat saya bersemangat untuk belajar menggambar lagi.  

Hehehehe, masih dikit feed-nya, baru sebulanan join :D

Di setiap gambar yang saya posting di instagram saya beri hastag #coretanbumasrum agar lebih tertata dengan rapi dan langsung ketauan kalau itu gambar saya. Saya memang sedang hobi pakai apapun dengan hastag bu masrum, #dapurbumasrum #bumasrumkulineran #themasrums hahaha, apa sajalah biar terdetect jadi history :D

Anyway, hobi yang ini bisa berguna untuk memberi kado untuk orang lain loh, saya sudah coba untuk kasih kado buat sepupu saya yang baru saja menikah kemarin, semoga dia suka :D

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

Monday, February 12, 2018

Grup makan siang sebelum waktunya

Assalamualaikum,

Hari ini saya mau bercerita tentang "genk" baru saya di kampus, aish apaan sih genk xD Saya sih yang menyebut diri saya bagian dari genk, padahal ya cuma kumpulan dosen-dosen yang sering makan siang sebelum waktunya. 

Ada satu dosen yang emang nggak pernah sarapan di pagi hari, makanya doyan banget makan siang di waktu brunch, jam 10-11an gitu. Ya sudah deh, jadinya sering nemenin dia. Walaupun nggak semuanya punya waktu selow, tapi kok ya emang sering makan siang bareng (kalau kebetulan saya ada di kampus sih)

Beberapa waktu lalu, saya sempatkan juga untuk ngajak mereka makan siang (sebelum waktunya) di resto pizza baru (merek lama) dekat kampus. Hihihi, itung-itung tratiran ulang tahun yang tertunda. Iya saya emang pelit hemat, ngajaknya cuma 3 orang aja, hahaha, itu karena saya sayaaang mereka makanya saya cuma ajak mereka saja (cuih, apaan sih) xD

Tapi emang punya circle di kantor itu cukup penting sih (bagi saya), rasanya punya teman berbagi, teman gosip dimana saya nggak selalu ada di kantor (ya karena juga bukan karyawan tetap sih) dan punya tante-tante baby sitter ketika Liam ke kampus, hahahaha. Secara Liam agak ansos kan ya, jadi cukup lah circlenya kecil saja, untuk orang-orang yang saya percaya dan Liam juga nyaman ada di sana. 

Makanya saya thankful ada mereka, nggak masalah saya cuma dianggap teman musiman, karena emang datang ke kampus musiman, hahaha (ini beneran loh salah satu teman saya ngomong begitu) yang penting mereka mau ada buat saya kalau saya butuh (makan di kantin) hahaha, itu doang kok yang penting xD




I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

Wednesday, February 7, 2018

Kopdar dengan blogger lain

Assalamualaikum,

Saya sebenarnya sudah merasa nggak pantas kalau dianggap blogger, karena saya kan bloggingnya kambuhan, kalau lagi niat eh bisa 10 postingan per bulan, kalau nggak niat 10 bulan bisa nggak posting, hahahaha. Lalu kemudian saya menyadari hampir 50% dari teman saya di facebook ataupun sosial media lain, saya kenal awalnya adalah dari blog saya yang sudah berumur 10 tahun lebih ini, deuh iya, tuwir banget usia blognya, hampir setengah usia saya kali ya, hahaha.

Ngomong-ngomong soal dunia blogging yang sudah saya geluti bertahun-tahun ini, di awal saya blogging, saya juga demen banget kalau ketemu dengan blogger-blogger yang saya temui hanya lewat tulisan dan komentar di tulisan yang mereka posting di masing-masing blog mereka. Semenjak saya punya kehidupan baru, as a wife and mother, rasanya itu prioritas ke sekian yang jujur aja sulit untuk dipenuhi. Emang dasarnya saya aja yang merasa rumah saya di Surabaya ini agak jauh dari mana-mana, apalagi sekarang setelah bersuami juga nggak doyan kemana-kemana nyetir sendiri, hahaha (plus ditambah adanya ojek online dan taxi online, nambah lagi daftar kemana-mana bisa sih pergi, tapi nunggu diskonan atau emang harus niat banget)

Anyway, sebenarnya saya mau ngobrolin meet up (atau kalau jaman dulu dikenal dengan istilah kopi darat alias kopdar) saya dengan salah satu teman blogger saya yang mungkin sudah saya "kenal" jauh sebelum saya menikah dan ia belum menikah, let say 9-10 tahun lah ya. Nama teman saya itu Alia, saya lupa tepatnya bagaimana saya akhirnya nemplok di blognya, mungkin saya duluan, atau dia duluan, ya maklum, kenalnya juga via blog. Jaman dia masih kuliah di UI, anak pintar dengan banyak sekali kegiatannya, postingannya nggak  menye-menye, beda seperti saya dulu, hahaha. 

Terus sekarang ia sudah jarang posting seperti saya, mungkin karena kembali ke bahasan sebelumnya, prioritasnya bukan di blogging lagi. Tapi kami tetap "saling tahu kabar" masing-masing via sosial media yang masing-masing kami follow. Kabar terakhir ia menikah dengan laki-laki kelahiran Jombang, yang kemudian ia mengundang saya ke ngunduh mantunya di awal Februari lalu. Nah, karena saya nggak bisa, karena suami males banget diajak pergi keluar kota, ya sudahlah saya pasrah, nggak jadi ketemuan deh sama Alia. 

Eh ternyata Alia sempat menginap di Surabaya, akhirnya saya sempatkan untuk bertemu dengannya di sela-sela waktu yang sangat mepet, karena mereka nginap di Surabaya cuma sehari dan itupun banyak juga jadwalnya, hehehe.

Dan horray, akhirnya ketemulah kami di salah satu hotel di dekat pusat kota Surabaya. Alhamdulillah kesampaian, saya juga niatkan untuk buat "kado" pernikahannya di malam sebelum kami bertemu, hahaha, ampun deh harusnya saya siapkan jauh-jauh hari ya, padahal sudah niat mau saya kirim via paket :D Dan terimakasih karena Alia dan suami suka dengan kado kecil yang saya berikan, jangan lupa dipigora ya Aliaaa ^_^ dan selamat atas kehamilanmuuu, jangan lupa nginap di Surabaya dan ketemuan lagi kalau pulang ke Jombang, semoga kita ketemunya nggak cuma setengah jam lagi ya, hehehe



MashaAllah, postingan saya panjaaaang, hahahahaha ... jarang-jarang ini xD

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

Tuesday, February 6, 2018

Postingan di awal Februari, postingan pertama di 2018

Assalamualaikum,

Saya merasa tetap harus mengisi blog saya yang satu ini, karena eman, sudah beli domainnya tiap tahun masa' nggak dipergunakan dengan baik. Hehehe, sekarang hari ke 6 di bulan Februari, kebetulan sih, kebetulan ya, hari ini ulang tahun saya yang ke double 3, aih sudah double 3 guweeeh .... 😆😆😆
Taken from HERE, walaupun nggak terlalu suka Kanye sih xD
Gap antara saya dan mahasiswa saya juga makin jauh, waktu saya cerita tentang film-film yang hits tahun 2000an awal, mereka nggak ngeh loh, waktu saya cerita tentang tragedi 1998, mereka semakin nggak ngeh, mereka bilang ada yang masih berusia 3 tahun, belakangan sih ada yang barusan lahir, dan membuat saya merasa, oh ternyata saya salah satu saksi sejarah juga ya, hehehe.

Di usia saya yang semakin pendek ini, saya merasa harus banyak sekali bersyukur dengan apa yang saya miliki, pekerjaan yang tidak 8 to 5, yang dimana saya bisa bertemu dengan anak-anak muda dengan pemikiran baru dan seru, masih ada tempat bernaung yang bisa saya dan keluarga saya saya tempati ketika panas ataupun hujan, masih diberi kemampuan ABC yang mungkin orang lain belum tentu bisa melakukannya, dan banyak lagi lainnya. Alhamdulillah...

Semoga di usia saya yang semakin pendek ini saya masih bisa memberikan sesuatu pada keluarga saya dan "dunia" setidaknya dunia di sekitar saya, teman, murid, anak-anak dan semuanya ... 

Bismillah, welcoming 33 .... 😇😇😇

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...