Saturday, December 3, 2016

[CeritaLiam] Liam yang cadel

Assalamualaikum,

Tiba-tiba pengen ngobrolin tentang cadelnya Liam, hehehe, karena menurut saya ini lucu. Saya tau sih masih sangat wajar anak seusia Liam yang baru menginjak 3 tahun masih belum bisa mengucapkan huruf "R", tapi saat beberapa kali ngobrol sama nih anak seru aja gitu, dia udah ngerti misalkan kami meniru ucapannya itu berarti salah, dan saat kami menyebutkan kata yang benar dia akan bilang, "iyaa ituu", hahaha, good boy :D

Misalnya tentang lagu Balonku yang mulai dikenalnya sejak usia 2 tahun, dulu saat menyanyikan lagu tersebut, dia menggunakan kata "kupegang eyak eyak" sebagai pengganti "kupegang erat-erat", sekarang saat pelafalannya lebih baik dia menyanyikannya "kupegang elat-elat" dan saat saya atau suami menirukan kalimat yang sama dengan Liam dia akan langsung bilang, "bukaaan, nggak gituu, kupegang elat-elat!" hahahahaha. Jadinya lucu aja, kami tau maksud Liam adalah "kupegang erat-erat" tapi dia belum bisa menyebutkannya dengan baik. Huruf "R" akan masih ia ganti dengan huruf "L".

Ibu dan Liam selalu bersama :D
Saya pribadi sih nggak pernah membiasakannya dengan kata-kata lucu atau kalimat yang dicadel-cadelkah kalau ngobrol dengan Liam. Kalaupun dia mengucapkannya berbeda, sampai sekarang kami nggak pernah meniru apa yang diucapkannya (sebagai ucapan sehari-hari maksudnya, kalau kami meniru apa yang dilakukannya di waktu-waktu tertentu maksudnya sih untuk lucu-lucuan aja, dan sekedar meyakinkan Liam, nggak tiap hari juga kok, hehehe) Karena sebelum Liam lahir kami sudah teredukasi bahwa hal seperti itu nggak bikin anaknya belajar bahasa yang sebenarnya, Jadi Alhamdulillah anaknya terbiasa dengan bahasa sehari-hari kami.

Barusan baca tentang balita cadel, umumnya mereka cadel sampai usia 5 tahun dan selepas itu wajarnya pengucapannya akan lebih baik karena tingkat kematangan berpikir dan kematangan sistem syaraf otak untuk mengatur koordinasi motorik otot-otot lidah akan lebih baik dibanding sebelumnya. 

Berhubung Liam masih baru 3 tahun, saya rasa tepat kalau saya suami dan orang-orang rumah harus selalu ingat untuk mengarahkan Liam dengan lebih baik, misalkan saat ia salah pengucapannya kami harus selalu mengkoreksinya dan kalau dia sudah mulai menunjukkan perkembangan walaupun sedikit saja harus kami puji. Kadang karena seringnya kami puji, Liam juga memuji dirinya sendiri kalau melakukan sesuatu yang benar, hahaha. Seperti saat sudah bisa pakai baju sendiri dia mengatakan pada dirinya sendiri, "Liam pintel ya bu" dan akhirnya saya jawab dengan, "Oh iya Liam anak pintar, sudah bisa pakai baju sendiri" dan kemudian Liam saya uyel-uyel, hahaha. 

Menurut saya nggak masalah sih kalau dia sedikit bragging tentang hal-hal kecil yang sudah bisa ia lakukan, karena kepercayaan dirinya akan meningkat saat kita menyetujui apa yang dia lakukan. Namun tetap dalam koridor tertentu, kalau dia salah pasti kami juga nggak membanggakan hal tersebut sih :D

Pokoknya PR buat kami orang tuanya adalah selalu ngomong yang baik sama dia, pengucapan yang baik, bahasa yang baik dan memberikan contoh yang baik padanya. Benih yang kita tanam dan rawat insyaAllah akan tumbuh sesuai dengan perawatan yang kita berikan :)

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

4 comments:

  1. iya ntar gedean pasti cadelnya ilang ya.. malah lucu kalo anak kecil cadel cadel. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaa, blogku disatronin ko arman, hahaha, iya lucu, dan akan sangat merindukan momen2 kayak gini kalo dia udah pinter melebihi orang tuanya nanti, hiks *baper*

      Delete
  2. Replies
    1. alhamdulillah tante :D yang penting sering diajakin ngobrol ajaa

      Delete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...