Wednesday, December 21, 2016

[cerita liam] Liam's sleep habit dan sawang sinawang

Assalamualaikum,

Liam mungkin adalah balita yang mungkin punya kebiasaan tidur yang bagi beberapa Ibu menyenangkan. Hehehe, kenapa menyenangkan, karena ia bisa tidur dari jam 6-stgh 7 petang, sampai pagi, dimana mostly teman-teman saya yang punya anak selalu bete dengan anak mereka yang kalau tidur bisa sampai tengah malam, hehehe. Tapiii, sebenarnya nggak seberapa menyenangkan juga sih, karena jam tidurnya memang berbanding sama dengan bangun tidurnya, jadi kalau semakin sore ia tidur, semakin pagi ia bangun, seperti beberapa hari lalu karena ia tidur jam 5 sore, iya 5 sore, ia pernah bangun pukul 3 pagi, hayaaaah .... Mak Bapaknya kriyep-kriyep sambil nemenin anaknya yang sudah keliling kamar.

Kebiasaan ini nggak tau kenapa terbiasakan aja gitu sejak ia bayi, tidur sudah mulai jam 5-7 sore, dan akan bangun pagi, memang semakin bertambah usianya, harusnya semakin sedikit tidur yang diperlukan kan ?


Liam kalau ada di rumah, tidur siang hanya 1-1.5 jam, bisa sampai 2 jam kalau cuaca mendukung dan ada teman tidur (alias saya atau bapaknya, yang menyebabkan kami gak produktif karena harus nemenin tidur, hahaha, emang enak kok tidur itu) mungkin karena itu tidur malamnya bisa lebih pagi dibanding balita-balita lain, tapi tetep berbanding sama dengan jam bangun tidurnya yang pagi banget sih.

Nah berhubung dalam beberapa bulan ini Liam dititipkan di daycare saat saya mengajar, kebiasaannya jadi berubah juga. Bahkan 2-3 bulan di daycare, ia sama sekali tidak tidur siang, haduuh, bikin saya takut nanti ada apa-apa dengan tumbuh kembangnya. Tapi memang sih, karena dia tidak tidur siang, tidur malamnya jadi lebih pagi, seperti jam setengah 5 sampai jam 5.

Waktu saya tanya kenapa tidak mau tidur di daycare, ia cuma bilang nggak mau tidur. Semakin ke sini saya semakin ngerti, mungkin ia juga merasa lebih senang tidur di rumah dan tidur dengan Ibu, hehehe, dan mungkin ia lebih suka menunggu Ibu jemput daripada harus tidur, huhuhu. Awalnya sih jadi merasa bersalah, tapi endingnya ya, akhirnya ia terbiasa juga dan akhirnya juga beberapa kali mau tidur saat di daycare, dan saat ia melakukannya saya selalu memujinya, "Liam pinter mau bobok di tempat Bunda" (tempat bunda itu tempat panggilan kami untuk tempat daycare-nya), dan beberapa waktu ini sebelum saya puji dia langsung memuji dirinya sendiri, "Buuuuk, Liam pintel bobok di tempat bunda" hehehe, good job naak :D

Saya barusan baca artikel tentang pola tidur anak usia 3-5 tahun, kalau anak usia ini butuh tidur 10-12 jam sehari. kalau dilihat dari artikel tersebut sih sebenarnya tidur Liam sudah cukup sih. Misalnya ia tidur siang 1,5 jam, ditambah ia tidur jam 7 malam sampai jam 5 pagi (yang kalau dihitung berarti 10 jam) berarti dia sudah tidur 11.5 jam. Hahaha, kalau gini hati lebih tenang sih.

Karena sebelum tau hal ini, saya suka amaze sama anak  temen yang kalau siang bisa tidur sampai 3 jam, hehehehe. Tapi tentu saja, tidur malamnya bisa sampai lebih dari jam 9 malam. Jadi harusnya saya nggak boleh terlalu risau sih, karena kalau anak saya tidur jam segitu, saya mungkin bisa jarang ngeblog lagi deh, hahaha, karena cuma saat malam atau saat saya lagi ada spare waktu di kampus akhirnya bisa nulis blog dengan tulisan yang panjang seperti ini. Yeah well, biasa deh, rumput tetangga lebih hijau, seperti beberapa teman saya yang suka memuji Liam yang bisa tidur dari jam 6 sore, hahaha. Kalau kata orang Jawa, sawang sinawang, hihihi.

Anyway, gara-gara artikel itu saya jadi deg-degan, di saat Liam di atas 5 tahun, kegiatan Liam akan semakin banyak, dan tidur siangnya juga akan semakin berkurang. Terus enaknya Liam dikasih kegiatan apa lagi nih selain sekolah ? hahaha, belum juga sekolah udah mikir yang lain-lain xD  

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

1 comment:

  1. disuruh main ajaahh.. jangan disuruh banyak kegiatan yang mikir, kasian masih kecil

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...