Friday, August 19, 2016

#ceritaliam Toilet Training (part 2) + Menyapih dot

Assalamualaikum,

Melanjutkan bahasan toilet training Liam beberapa bulan yang lalu, kali ini saya akan coba untuk sharing lagi lanjutannya. Ngomongin TT buat anak saya itu prosesnya panjaaaaang bener, sekarangpun juga belum sempurna kok. Sekarang Liam berusia 35 bulan, atau 2 tahun 11 bulan, 2 minggu lagi ultahnya yang ke 3. 

taken from here
Alhamdulillah sekarang lebih baik dibanding beberapa bulan lalu yang lumayan bikin drama ngepel lantai terus, karena anaknya sudah sadar saat harus ke kamar mandi untuk pipis. Kalau soal pup, nah ini masih agak php nih, Jadi hampir sebulan ini Liam sudah mau duduk di toilet extension, yang bikin nepok jidat adalah meskipun dia duduk di atas toilet pupnya dia tahan karena pupnya masih di celana atau popok. Kemarin tanggal 18 Agustus Liam sudah mau loh pup di atas toilet. MashaAllah, rasanya pengen cheering seharian, hehehe, terharu Ibunya T_T. Walaupun hari ini Liam akhirnya pup lagi di celana, huhuhu, yaaa anggap aja proses, belum terbiasa :) 

Sebenarnya nggak ujug ujug anaknya langsung mau, jadi sebulan terakhir saya mulai memasukkan dua video toilet training ke hp saya, yg pertama versi family fun pack (michael usia 2 tahun) dan toilet training orang India gitu, yang kemudian sering ia lihat dan sering kami bahas berdua. Awalnya ya masih belum mau sih ngeplung di kloset, tapi sudah mau duduk di toilet extention. Mungkin karena setiap saya membersihkan popok dan mengucek celana dalamnya yang kena pup, dia akhirnya kasian juga liat Ibunya, hehehe. Selain faktor setiap kali melakukan itu selalu saya jejali dengan wejangan, "Liam udah besar, kalau pup di toilet, kalau pupnya di celana atau popok itu berarti masih bayi". Well, maybe he's bored too. Atau ya memang dia sudah besar, aaawww ... 

Michael toilet training
Sebenarnya progress terbesar juga didapatkan dari proses berbeda dari toilet training yaitu proses menyapih dot. Jadi seminggu terakhir, saya juga mulai intens menyapih Liam dari dot. Iya selama setahun lebih anaknya ngedot, padahal dulu di awal anaknya lahir saya takut aja dia bakalan tersentuh dot lantaran masih ngAsi. Tapi ya sudahlah ya, proses Liam begitu, toh anaknya ngAsi sampai 2 tahun lebih, alhamdulillah. 

Saya perlahan mencoba mulai meminta Liam mengganti botol dotnya dengan gelas atau botol dengan sedotan, dia menolak, jelas lah setahun lebih minum susu soya pake dot dan kemudian diminta untuk tidak menggunakannya lagi bukan perkara mudah. Akhirnya saya mengganti susunya dengan UHT yang langsung disedot dari kemasannya, sangat bersyukur karena sekarang alerginya sudah sangat berkurang, jadi dia bisa meminumnya dan nggak berefek secara jelek langsung ke tubuhnya.
Alhamdulillah dia mau, walaupun setiap akan tidur dia masih meminta, "Bu, minta susu", "Bu, susu lagi" tapi setelah diberi pengertian akhirnya tidak perlu susu di botol dot-pun dia mau tidur. 

Bagaimana hal ini jadi progress yang luar biasa pada TT Liam? Karena pipisnya berkurang drastis saat tidur, setelah tidak minum susu melalui dot. Sehingga saya dengan mudah mentatur dia saat tengah malam dan dia sepertinya lebih bisa menahan rasa ingin buang air kecil-nya. Selain alasan TT, gigi Liam mulai "berantakan" gara-gara masalah dot ini, akhirnya saya dan suami langsung berpikir untuk menghentikan kebiasaannya yang satu ini. Jangan pikir hal ini nggak dikomentarin Ibu saya ya, hehehe, karena yaaa namanya juga nenek ya, kasian liat cucunya susah tidur kalau nggak mendapatkan kenyamanan itu, tapi skakmatnya toh kami orang tuanya bukan Ibu saya :p

Balik lagi ke masalah TT, bersyukur Liam bisa melewati fase ini, masih deg-degan juga sih. Siapa tau tiba-tiba ngompol atau pup di celana lagi (yang ini masih pr sih). Tapi ya namanya juga balita, masih boleh lah melakukan kesalahan-kesalahan itu :). Bagi kami orang tuanya, hal yang menyenangkan setelah proses ini benar benar sukses adalah alokasi dana untuk popok dan susu bubuk liam bisa berkurang. Apalagi tahun depan Liam kami sekolahkan, jadi semoga semua dimudahkan. Aamiiiin
Liam, 2 tahun 11 bulan 19 hari
Intinya sih dalam melakukan toilet training itu adalah kesabaran ya. Setiap anak punya proses dan waktu yang berbeda. Dulu baper juga beberapa anak teman yang sudah lepas dari popok dan pup di toilet saat usia mereka 2,5 tahun bahkan kurang. Sering lihat artikel parenting juga membantu melewati hal tersebut. Kondisi anak kita dengan anak orang lain beda, boleh mencontoh cara mereka mengajarkan anak kita, tapi saat itu tidak berhasil lakukan dengan cara terbaik yang keluarga ini terapkan. 

Semoga saat sekolah nanti nggak banyak drama tentang pipis dan pupnya Liam ya, biar Ibunya tenang dan aman saat di taking care sama orang lain :)

Review dikit, alat alat yang dibutuhkan saat toilet training (menurut maknya Liam nih yaaa) adalah 
1. Toilet extention atau potty seat
taken from here
2. Dingklik atau kursi kecil agar anak bisa menjangkau tingginya toilet. Saya belinya di ace hardware, beli dimana aja bisa sih, pemikiran saya saat itu bisa dilipat, berbahan plastik dan tahan lama :)
3. Alas karet alias perlak, bisa digunakan saat awal2 anak lepas popok, kalau ortunya nggak pede dia masih akan mengompol di atas kasur. Males juga kan kalau nyuci sprei tiap hari atau kasur pesing tralala, hehehe
4. Sprei anti air, nah opsi ini bisa jadi pilihan yang tepat kalau males pake perlak, beli aja sprei anti air, kasur aman dari basah dan pesing :D  
taken from here
Yang tidak saya gunakan, namun bisa jadi opsi lain 
1. Training pants, celana ini setingkat di atas clodi, atau cloth diaper. Katanya bisa dipakai untuk mengajarkan anak memahami arti kebelet pipis tapi tidak langsung ngompol seperti celana biasa. Alasan saya nggak beli adalah karena celana ini mihil, hahaha, pake clodi aja nggak biasa pake sok-sokan beli training pants :D
taken from here
2. Potty trainer, semacam tempat pup yang bentuknya lucu-lucu dan warna warni, kayak bebek-bebekan atau lainnya. Pake potty ini agak riskan ternyata, siapa tau dia lebih terbiasa pup di potty macam ini, dibanding ke kloset langsung. Jadi saya nggak mencoba :D
taken from here

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

4 comments:

  1. Keponakan saya noh dibeliin potty seat sama babenya, tapi malah buat mainan kuda-kudaan-__-'

    ReplyDelete
  2. Hai hai fen, maaf baru bw. Lagi sok sibik, huahahaha.
    Arman 2tahun 5bulan blom TT dong, huahahaha. Pernah nyoba TT, lepas pempers, ganti celana dalem. Eh baru 5menit, udah basah cd nya. Ganti. 5menit lg basah lagi. Ganti. 5menit kemudian basah lagi. Enough! Secara cd nya cuma 3. Balik lagi ke pempers dehh. Huahahaha.

    Oiya pertanyaan supaya rajin ngeblog? Temenan sama org yg rajin ngeblog dan join komunitas macem KEB dan BP. Kalo rajin ngeblog ntar dateng deh tawaran job, posting ini itu, nah makin sering deh postingnya karena ada detlainnya. Begitu bu.

    Panjang yak?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, quin, harus tega, hahaha, sama kali dulu Liam gitu jugaak, harus siap2 celana dalam puluhan emang :D

      semoga cepet bisa lepas pempers yaaa, karena pempers mahaaal, hahahaha

      Delete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...