Thursday, May 19, 2016

Resep Pepes Ayam Kampung endezz ala Bu Masrum

Assalamualaikum,

Jadi ceritanya saya lagi hobi banget bikin pepes, karena suami yang harus meminimalisir goreng-gorengan. Sebelumnya cuma bikin tahu kukus yang dimasak di ramekin gitu. Tapi ternyata bikin kukusan di dalam daun pisang bikin rasa masakannya jadi otentik gitu ya, tradisional banget dan endezzz tentu saja :D 

Sebenarnya resep ini saya pakai untuk berbagai macam pepes sih (walaupun belum pernah coba pepes ikan, karena bagi saya pepes ikan itu cocoknya pakai mangga muda/pencit, kecut kecut pedes, enaaak, hihihi). Resep bumbu yang saya gunakan juga saya gunakan untuk pepes tahu dan tempe, jadi lauknya boleh diganti dengan apapun yaaa, dicoba dulu, kalau belum dicoba kan kita nggak pernah akan tau rasanya bagaimana :D

Oke saya mulai,

Pepes Ayam Kampung

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung (boleh diganti lauk lain seperti tahu/tempe, kalau tahu/tempe dibejek2 dulu ya :))
1 buah tomat, dipotong dadu
1 butir telur (optional)
daun kemangi (optional, karena walaupun nggak pake tetep enak :)) 
daun pisang dan batang lidi

Bahan halus :
7 bawang merah
5 bawang putih
2 lombok merah besar
1 ruas jari lengkuas (dipotong-potong dulu)
1 batang serai (ini bisa dipotong-potong dulu baru dimasukkan ke bumbu halus)
5 lembar daun jeruk 
3 lembar daun salam 
3 buah kemiri
1 ruas jari kunyit
10 cabe rawit (optional banget, karena biasanya saya campur terakhir, biar ada pepes juga buat Liam :))
sedikit air dan minyak sayur (saya pakai minyak zaitun, karena adanya itu) cuma supaya mudah dihaluskan :)
gula garam merica secukupnya atau sesuka yang buat, hehehe

Cara membuat :
1. Haluskan bahan bumbu sampai halus, bisa diulek ataupun dihaluskan pake food processor, karena saya punyanya blender ya pake blender :D. Kalau ada yang mau mencampurnya dengan telur boleh aja, tapi lebih cocok untuk pepes tahu/tempe, kalau ayam kampung saya nggak suggest sih.
2. Campur ayam kampung/tahu/tempe dengan bahan halus.
3. Panaskan steamer/kukusan, supaya saat semua pepes sudah dimasukkan ke daun pisang, bisa lebih cepat proses memasaknya.
4. Siapkan daun pisang yang sudah bersih, letakkan ayam kampung yang sudah berbalur bumbu, dan beberapa lembar daun kemangi di atasnya. Lalu bungkus sesuai selera.
5. Kukus selama 20-30 menit. Matikan api.
6. Pepes siap disantap
7. Kenyang deh, hehehehe

Ini penampakannya (tanpa kemangi dan telur, karena tadi buatnya yang tanpa itu sih)

Penampakan pepes setelah masak dan bungkusannya dibuka ^_^ 
Yuk dicoba, masaknya maksudnya, jangan menjilat layar laptopmu ya xD

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

7 comments:

  1. Karena aku hampir gak pernah masak (hiks), jadi jarang mencoba macam resep. Tapi baru kali ini dengar pepes ayam kampung. Mungkin bisa dicoba ya....

    ReplyDelete
  2. hmm.. sptnya menarik utk dicoba ;)

    ReplyDelete
  3. widih,,, puasa gini lihat gini maknyuss deh...

    ReplyDelete
  4. wuih, kayaknya enak nih, makasih ya infonya, hehehe

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...