Friday, January 9, 2015

Budaya Copy Paste

Assalamualaikum,

Hai people, tiba-tiba saya kepikiran pengen nulis ini, gara-gara saya mendengar talkshow di salah satu radio di Surabaya. Tentang murid yang sekarang termudahkan teknologi internet dengan mengandalkan ctrl c lalu ctrl v, alias copy paste. Padahal pengajar meminta murid untuk menganalisa suatu masalah, menganalisa ya berarti menganalisa, "menjlentrehkan" dengan bahasanya sendiri, namun dengan mudahnya murid mengcopy paste apa yang didapatkan dari internet dan memasukkannya ke dalam makalah/artikel yang dibuatnya tanpa diedit sama sekali.

Selama hampir 4 tahun saya mengajar di dua tempat, kejadian ini memang nyata sering terjadi. Kebetulan saya mengajar beberapa mata kuliah yang berupa teori, yang berarti analisa adalah hal yang cukup penting. Namun pada kenyataannya setiap kali saya meminta mahasiswa untuk mengerjakan beberapa tugas yang berkaitan dengan rangkuman, analisa, riset dan sebagainya, banyak dari mereka yang menggunakan metode copas tersebut. 

Budaya ini sebenarnya bisa menjadi sebuah masalah yang serius loh. Ya bayangkan kalau semua individu hanya menggunakan satu sumber yang sama, maka di masa depan bisa-bisa tidak ada orang yang mau mengembangkan suatu masalah tersebut. 

Namun setidaknya masih ada beberapa mahasiswa yang mencantumkan sumber artikel di mana mereka mendapatkan sebuah informasi tersebut. Walaupun masih ada yang menggampangkan masalah tersebut dengan tidak mencantumkan sumber, dan ketauan dari tugas mahasiswa lain kalau jelas-jelas itu sama.

Pembelajaran untuk saya ke depannya sih, mungkin saya akan membudayakan mahasiswa untuk "maksa" menggunakan pemikirannya sendiri, dan katanya sih menulis (dengan alat tulis) merupakan metode yang cukup efektif. Karena mau tidak mau kita harus berpikir saat menulis manual, hehehe, iya kan ? Itu juga sih kata pembicara di radio tersebut.

Hehehe, ini hanya sedikit catatan dosen yang agak gemes sama mahasiswa yang gampangin tugas, yang kebetulan barusan dengerin acara di radio yang pembicaranya membuat pernyataan sesuai dengan pemikiran saya. 

So beware, students! #halah

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

10 comments:

  1. Oh men... AYo jadi blogger yang menghasilkan karya ! Bukan mengopy karya !

    ReplyDelete
  2. Ayo berkarya *_^dan untuk mahasiswa ayo dong kreatif

    ReplyDelete
  3. Huahaha.. Kalau debat di facebook pada pinter, tapi disuruh ngerjain tugas yg harusnya pinter juga, eh, malah kopas. ironi yaaaa...

    ReplyDelete
  4. biasanya untuk tugas kuliah sih mahasiswa selalu copy paste dari internet mbak..hehehe tapi ada juga yang nggak, itu mah bagi mereka yg sadar...

    ReplyDelete
  5. Hihihi sekarang semua serba praktis ya mba jadinya ya gitu. Mana ada lagi yang bikin kliping koran ya? Hahaha..

    Tapi ide bagus itu yang tentang tugasnya dikerjain pake tulisan tangan atau sekalian pake mesin tik aja mbak, hahaha...

    ReplyDelete
  6. bener tuh, kalo menulis kan bentuk aktifnya ga cuma sekadar copas

    ReplyDelete
  7. satu sisi negatif (lagi) budaya instan... aku setuju soal bikin tugas dengan tulis tangan itu :D

    ReplyDelete
  8. suruh bikin tugasnya pake mesin tik manual supaya gak bisa copy-paste hahahaaa

    ReplyDelete
  9. ngeri baca judulnya men ... copy-paste sudah jadi budaya yah ??? ckckckck

    ReplyDelete
  10. zaman sekarang orang dah ga mau susah...mungkin salah satu alasannya pengen yang cepat.tp semua itu tidak menjadikan kita untuk berkembang.hehe

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...