Wednesday, May 7, 2014

Don't worry my little boy Liam ...

Assalamualaikum,  

Bismillah,

Sungguh melihat perkembangan teknologi saat ini bikin saya sedikit was-was, walaupun bagi kita pastinya sangat membantu kehidupan banget ya. I mean dilihat dari sisi negatifnya, untuk anak kita kelak, teknologi bisa saja menjauhkan anak-anak dari "menarik"nya kehidupan sebagai anak kecil. Sering sekali saya lihat banyak anak kecil sekitar umur 2-3 tahun yang sudah jago menggunakan tab, ponsel ataupun gadget-gadget serupa yang lain. Kadang kala mereka lebih sibuk dengan gadget mereka dibanding bermain sebagai anak kecil, seperti main bola kah, ayunan kah, jungkat jungkit, prosotan (ah apa bahasa indonesianya ya, hehehe) atau sekedar main air di taman kota.

Walaupun memang sih saat mereka sibuk dengan "dunia"nya dengan gadget itu, kita sebagai orang tua bisa lebih tenang mengerjakan hal penting yang harus dilakukan. Saya melihat contoh itu dari keponakan saya, Syifa, eh dia sedang berulang tahun hari ini, hihihi, happy birthday my dear Syifa :)
Kembali ke bahasan saya tadi, keponakan saya kadang seperti nggak peduli dengan dunia sekitar ketika bermain dengan gadget milik Ayahnya itu.

Bukannya gadget itu selalu buruk, tapi menurut saya porsinya harusnya bisa diminimalisir, karena bukankah lebih menyenangkan ketika anak kecil benar-benar bermain, maksud saya secara fisikli bermain, kotor, terluka, bau, hehehe, tidak hanya olahraga jari :D. Seperti yang saya lihat di salah satu video Rinso Kids Today Project di bawah ini, aah ... beginilah memang menjadi seorang anak, seperti ucapan mereka bermain adalah hal yang paling baik untuk perkembangannya, baik motorik, sosial bahkan belajar tentang ilmu fisika dan kimia, iya kan ? Mereka bisa pintar loh hanya dengan cara bermain, hihihihi. That's why kan anak playgroup dan TK harusnya mengurangi pelajaran menghitung, karena toh mereka bisa mendapatkannya di permainan :) 

 

Sudah lihat videonya ? Menyenangkan ya jadi anak kecil ? 
Saya paling suka ucapan terakhir dari seorang anak bule yang bilang, “I’ll remember to said thanks one day when I’m not so busy” hihihi, lucu bangeet :D Iya, bagi anak kecil kita itu kan cuma milk machine, diaper changer, toys givers, dan hal-hal yang mereka tidak ketahui saat mereka masih polos. 

Melihat hal tersebut, ya kami orangtuanya berharap Liam akan menjadi anak yang sehat, aktif secara motorik dan punya banyak teman. Siapa orang tua yang nggak berharap hal yang sama kan ?
Saya rasa kita memang harus memperhatikan hal-hal kecil ini, masa kecil masa yang paling menyenangkan dan hellow nggak bakalan kembali ke masa itu lagi, this is the Golden Moment people! hihihi, jadi nggak perlu lah disuruh mikir untuk menyelesaikan game cookie run atau apalah game yang sedang in saat ini (hahaha, sumpah saya bahkan nggak tau game android yang sedang in saat ini, is it good ? xD)

So, don't you worry my little boy, Liam, your childhood will be so much fun *hug, kemudian main lumpur, hihihi*
 
Tulisan ini diikutsertakan pada #KidsToday Project Blog Competition
Persyaratan bisa dilihat di Mommiesdaily

 I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

5 comments:

  1. Susahnya kalau bapaknya kecanduan gadget kayak saya begini, gimana kasih contoh ke anak buat menjauhi gadget ya... -___-

    ReplyDelete
  2. Balas komennya galih: Ya ajak layangan sanaaa.. atau main bola to pak pak.. hahaha

    Ponakanku pernah aku ajak sepedahan dengan track yg "deket' versiku kecil dulu, daaaaan... ponakanku cuma bisa ngeluh, "Kapan tekoneee?? kok suwiiii meeeeen??"

    Yes, itulah gambaran anak jaman sekarang. Mengeluh! hahaha.. maklum mereka khan biasa main game, kalau gagal bisa coba lagi. Kalau di kehidupan nyata khan kalau gagal ya malu2in haha.. Jadi harus hati2.. atau harus kuat.

    Dan ketika dia mengeluh gitu, aku cuma diam saja. Aku alihkan perhatiannya ke melihat sawah2 bahkan sapi2 di kehidupan nyata (bukan kebun binatang lo ya hahaha).. Trus ketika melewati sawah, aku tunjukkan nama tanaman ini itu pohon jati, pohon mangga dll.

    Karena aku juga main game berkebun (HAY DAY) sama kayak dia, maka dia suka sumringah dan ketawa ketiwi ketika aku bilang, "Kuwi parine akan menguning dalam waktu 2 menit!" (versi game, gandum (mirip padi kan?) akan menguning dalam waktu 2 menit!)

    HAhahahahahaha..

    ReplyDelete
  3. mas galih : suamiku punn *sigh* dasar cowok. tp skrg jdnya emang perjanjian sih kl danish bobo br blh pegang gadget :D

    ReplyDelete
  4. hmmm.....sepertinya memang harus meminimalkan porsi gadget untuk anak. Biarlah di berkembang seperti adanya..

    ReplyDelete
  5. Jadi anak kecil jaman kita dulu asik ya, banyak ketawa2 nya, gw liat anak2 jaman sekarang belom apa2 udah setress ama belajar baca & pre school

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...