Sunday, May 4, 2014

[Catatan Ibun] MPASI Liam - 7 Bulan

Assalamualaikum,  

Bismillah,

Horeee, Liam sudah 8 bulan sekarang, bulan kemarin Liam mulai mencoba beberapa varian makanan. Antara lain daging-dagingan, sayur dan oats/havermout sebagai bentuk karbohidrat pengganti tepung gasol. Sudah dicobain bubur beras putih beneran sih, nyoba buat bubur beras merah juga yang ternyata susah lunaknya ya, hehehe. Alhamdulillah Liam semakin jago ngunyah, walaupun kalau makanannya belum lunak betul masih sering hoek-hoek, tapi tetap belajar :)

Semakin Liam besar, entah kenapa hasrat saya untuk pergi ke pasar tiap minggu itu semakin berkembang, hahaha. Secara makanan buat Liam rasanya nggak oke kalau nggak fresh terus. Padahal dulu jaman masih belum nikah, ataupun masih awal-awal nikah nggak kepikir sama sekali belanja-belanja di pasar. Sekarang ? I heart marketplace, yang katanya becek, bau dan crowded itu. Secara ya apa-apa di pasar lebih bisa didapat lebih murah daripada supermarket, jadi sebagai IE2GMR harus mau dong rajin ke pasar :))) Oke, cukup tentang pasar, kembali ke bahasan MPASI.

Seperti yang saya tulis di atas, saya mulai mencoba oats/havermout untuk karbohidrat pengganti nasinya Liam. Salah satu teman plurk saya memberi saran kalau oats akan lebih tahan lama saat  di bawa keluar rumah. Bubur nasi sih juga sepertinya tahan lama juga, tapi iya, hehehe, seperti biasa saya agak-agak kurang sabar ya untuk buat bubur nasi :D Ini perbandingannya ketika kita menggunakan tepung gasol, gasol lebih mudah kering saat dibawa keluar rumah, jadi oats pilihan yang cukup baik :) Untungnya Liam juga doyan, selain baunya enak (walaupun rasanya hambar) oats juga gampang dikunyah (lah ya wong bentuknya mbubur tenan :p)

Liam juga mulai memakan daging ayam dan daging sapi (yang pasti digiling ya), cukup oke sampai sekarang nggak pernah dilepeh, ya iyalah gak berasa kali ya, rasanya semuanya sama wong tanpa gula garam, hehehe. Sayur yang sering dimakan adalah brokoli, hihihi, nggak pa-pa harganya agak mahal, tapi khasiatnya bagus buat perkembangan anak. Wortel dan bayam juga salah dua dari apa yang dicampur di makanan Liam. Tahu juga lauk paling gampang untuk MPASI, tinggal direbus di bejek-bejek campur deh sama bubur nasi/oats :D Oh ya, telur, sebenarnya saya cukup ragu setelah Liam sempat divonis memiliki alergi di usianya 3-4 bulan lalu. Tapi wallahualam, saya cobakan (kuning telurnya saja) sama dia, alhamdulillah sih nggak ada efeknya setelah makan, cuma entah kenapa dia nggak terlalu suka, entah rasanya, atau memang belum terbiasa aja makannya. Ternyata kuning telur bukan pencetus alergi loh, saya pikir dulu begitu, yang menjadi pencetus alergi itu putih telurnya. Mungkin karena itu ya efeknya nggak terlihat di badan Liam, semoga sih alerginya sudah hilang. Toh, saya nggak pernah jaga makan lagi sekarang. Ah, ya sudahlah pokoknya saya buat dia menter saja, daripada saya kepikiran :D
 
Semakin gede seharusnya sih makanannya mulai divariasikan ya, udah mulai sering liat forum HHBF (Homemade Healthy Baby Food) di facebook, supaya saya lebih pinter masak makanan buat Liam, nggak cuma yang simple-simple aja :p Sudah mulai coba bikin cookies buat Liam, hehehe, kapan-kapan saya share resepnya kalau bisa buat dengan sukses ya. Terakhir saya buat cookies terlalu gampang pecah.

Oke, segitu dulu, tunggu rekap saya bulan depan ya. Semoga sudah jago makan nasi tim atau makanan yang lebih padat :)

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

7 comments:

  1. salut pada ibu-ibu yang telaten begini :)

    ReplyDelete
  2. Anakku banyaaakkk sekali alerginya... Jadi mau nggak mau ya mesti makan masakan rumah. Bundanya walau ngga bisa masak, mesti memantau terus... Senang membacanya. Harusnya semua ibu muda seperti kamu... :)

    Salam rindu
    Akhirnya membuat postingan baru di blogku.
    Main-main ya...
    http://moody-ninneta.blogspot.com/2014/05/to-judge-or-not-to-judge.html

    -Ninneta-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang masak biasanya siapa mbak ? aku sih ngerjain sendiri juga karena emang gak punya rewang, hihihi, lagian lebih kerasa sebagai ibu gitu kali ya kalau semuanya diurusin sendiri, bukan berarti jadi ibu bekerja gak baik, toh semua untuk anak, semua ibu yang berkorban buat anaknya pasti baik ya kan ? :)

      Delete
  3. Paling enak memang saat kasih makan baby itu tinggal dibejek-bejek atau diblender kasar.... sudah beres deh. Garam gak pake, cuma tawar-tawar aja, jadi gak perlu takut dia gak suka, wong belum tahu rasa haha....

    Ah semoga makin pintar yaaa makannya...

    ReplyDelete
  4. wah cuma selisih 1 bulan ama baby ane :D he he salam kenal bu :)

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...