Sunday, April 6, 2014

[Resep] Ceker Ayam Pedas Membahana

Assalamualaikum,

Bismillah,
Secara saya termasuk "Ikatan emak emak gak mau rugi" (woopoo iki), semua itu harus serba hemat, hahaha, sebenarnya saya mau cerita kalau saya menggunakan ceker ayam yang tadinya untuk membuat rebusan kaldu khusus buat MPAsi-nya Liam, untuk tiga makanan sekaligus. 

Hehehe, rebusan pertama untuk kaldunya liam (yang diambil sedikit untuk dimasukkan ke ice cube tray, jadi bisa dipakai berkali-kali sampai habis) dan setelah ditambah bumbu ini itu jadilah Sop, kedua saya ambil ceker ayam dari sopnya yang kemudian saya simpan di kulkas untuk besoknya saya rebus kembali dan air rebusannya untuk kaldu Sayur Asem (hahaha, agak aneh ya, tapi tetep berasa kok sayurnya), dan terakhir ceker yang sudah lumayan empuk itu saya masak jadi Ceker Ayam Pedas. Sayangnya sih cekernya masih belum benar-benar empuk, kabarnya supaya bisa gampang empuk itu mesti pakai panci bertekanan tinggi alias di presto. Ibu saya punya sepertinya, tapi secara saya IE2GMR, untuk ceker yang nggak banyak-banyak amat, saya malas ah mesti cari-cari di gudang, wasting time dong #halah. 

Sebenarnya ini resep untuk 1/2kg ceker ayam, tapi saya kebetulan hanya menggunakan 1/4 kg ceker.

Resep Ceker ayam pedas ala saya itu seperti ini :

Penampakan Ceker Ayam pedas

Bahan :
1/4 kg Ceker/Kaki Ayam (sudah direbus berkali-kali sampai empuk, untung-untung kalau kalian punya panci presto ya, hehehe)
1 ruas jari Jahe
2 Bawang merah
1 Bawang putih
10 Lombok merah kecil (tergantung selera sih ini)
1 Lombok besar merah
3 sdm Saus tiram (tergantung selera juga)
3 sdm Sambal botolan (hyuk deh tergantung selera)
5 sdm Kecap manis (idem sama di atas, tergantung selera)
2 gelas Air
Garam secukupnya
Gula secukupnya
(plus sosis ayam/bakso dipotong-potong kecil, karena kebetulan saya punyanya itu, hehehe)

Cara membuatnya :
1. Jahe + bawang merah + bawang putih + lombok kecil + lombok besar + garam + gula diulek sampai halus
2. Bumbu yang sudah dihaluskan dipanaskan di wajan dengan api kecil sampai harum
3. Besarkan apinya menjadi sedang, masukkan saus tiram, kecap manis, sambal botolan dan kemudian air
4. Kecilkan api, masukkan ceker ayam dan sosis, dan biarkan sampai air berkurang dan matang
5. Ceker ayam pedas siap dihidangkan :D

Kalau cekernya mau lebih banyak ya jumlah bahannya disesuaikan ya :D
Selamat mencoba :D

NB : Untungnya karena suami nggak pernah komplain soal makanan yang saya buat, dia fine-fine aja walaupun cekernya kurang empuk, hihihi.

I think that's all, thank you  

Wassalamualaikum,

2 comments:

  1. Duh aku pertamax gak ya?

    Duh kedua, warnanya merah membara euy. Keknya pedes nih.

    Duh ketiga, lomboknya kok 10 sih fen? Kenapa gak ganjil aja 11 atau 9 gitu? Kono lombok ganjil itu gak bikin sakit perut. <--- IM2PM (Ikatan Mas-mas Percaya Mitos)

    Duh keempat, fotonya agak ngeblur..

    Duh kelima, saatnya kabur...

    :)))

    ReplyDelete
  2. Masak ceker itu seninya di merebus sampek empuknya. Soalnya kalau udah empuk banget, cekernya dimakan sampek tulangnya sekalian. Panci presto itu investasi buat itu, karena fungsinya kan demi ngirit gas.

    Nih cekernya Fenty pasti pedes banget ya, lomboknya aja sampek 10. Wah, makan dengan penuh kesedihan..:D

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...