Thursday, May 30, 2013

Aku cinta kamu, tapi tidak asap rokokmu

Assalamualaikum,

Kemarin salah satu sepupu saya share youtube ini di facebook dan plurk, film dokumenter tentang Fenomena rokok di Indonesia. Saya pikir, hal-hal seperti ini WAJIB di share ke banyak orang, semakin banyak di share, semakin banyak yang aware tentang bahaya rokok. 


Bagi saya pribadi, saya benci rokok, even my hubby still consuming that stupid thing. Hal yang masih membuat saya kesal, walaupun saya tau ia tidak pernah merokok di depan saya, menghembuskan asapnya di depan saya, ataupun betapa dia sangat mengurangi konsumsi rokok setelah dengan saya lebih dari setahun ini. Saya masih saja berharap, ia akan benar-benar berhenti. 

Hal yang membuat saya takut adalah, ketika anak kami nanti dipapar dengan rokok tiap harinya oleh ayahnya, maka anak tersebut akan berpikir merokok adalah hal yang biasa saja dan tidak berbahaya. Seperti contoh dari bayi perokok di video tersebut. Banyak contoh lain di masyarakat, yang sering sekali membuat saya jengah, bahwa ada seorang ayah ataupun kakek yang momong anak dan cucunya dengan rokok terselip di jarinya dan asap terhembus dari mulutnya mengenai anak-anak balita dan bayi tersebut. Jengah, benci dan hal itu membuat saya ingin nonjok muka bapak-bapak tersebut. 

Suami saya berjanji pada saya saat ia bersama anak kami nanti, dia tidak akan merokok, saya harap hal itu yang akan terjadi. 

Saya bukan perokok, tidak tau rasanya merokok, tidak ingin merasakannya juga, benci asapnya, jadi mungkin ya mungkin, saya tidak tau rasa adiktif apa yang bisa diakibatkan oleh barang tersebut. My hubby said, saat ia merokok ia bisa bisa bekerja dan berpikir lebih cepat, pembenaran yang mungkin merupakan sebuah sugesti. Tapi entahlah, mungkin benar, tapi tidak menjadikan hal tersebut baik untuknya tentu saja.

Ah tolonglah, apapun yang terjadi, please, just stop ... selain membuat anda sakit, anda menyakiti orang lain!

Seperti juga sebuah tagline yang dibuat oleh rekan kerja saya di kampus, walaupun dibuat secara guyonan tapi memang itulah yang saya rasakan, kepada suami saya, kepada orang-orang terdekat saya yang masih merokok, dan yah kalian lah ... Aku cinta kamu, tapi tidak asap rokokmu ...



I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

9 comments:

  1. Setujuu... Adikku pun ngerokok, padahal anak slb yg ga ngerti apa apa. Dia niru mas mas dan pak liknya yg ngerokok. Buat dia ngerokok itu wajar, karena semua orang di sekitarnya kebanyakan merokok. Sialan. Harusnya adikku nyontoh masnya yg satu ini, yg ga ngerokok. Masnya adikku itu banyak. Ada tiga.

    Tapi gara gara aku gak ngerokok, aku jadi kurang akrab sama dulur dulurku yg ngerokok. Ya mau nggak mau aku jadi ikutan menghisap asapnya, bukan menghisap rokoknya ya, demi kerukunan. Wong ya gak tiap hari hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah mas ndop lek ngingetin wong ngerokok eman :D katanya rokok itu aset negara, tapi ya banyak mudharatnya seharusnya

      Delete
  2. "Gak merokok itu bukan jaminan umur panjang mas, kamu belum tau rasanya sih, nyoba ta?"
    Kalimat yang sering dipake perokok untuk mengkonter teguranku. Sayangnya, mungkin harus mereka sadari, kalo gak semua orang itu suka dengan asap rokok.

    Andai boleh berkhayal, seharusnya para perokok yg sudah mendarah daging cintanya dengan rokok, sebaiknya dikasi plastik besar, nah plastik itu dipake buat nutup kepalanya ketika dia ngerokok, jadi daripada eman2 tu asapnya dibuang keluar, kan mending dia isep lagi, hemat deh, rokok gak cepet abis, asepnya bisa dihirup berulang2, kalo udah selesai, plastiknya dibuang di tempat sampah, beres deh :p
    (www.mikoarcstudio.blogspot.com)

    ReplyDelete
  3. wah stikernya itu lo...bikin jleb tuh..
    betewe alhamdulillah sampe sekarang masih ga ngerokok #sikap..
    semoga nanti suamimu bisa stop merokok ya...

    ReplyDelete
  4. Aku rela dimusuhi temanku yg perokok karena aku protes terlalu keras agar dia menyingkir jauh-jauh pas ngisap rokok. Aku paling benci asap rokok.

    ReplyDelete
  5. Yang paling jleb itu pas di dalam angkot, dusel2an trus tiba2 ada yang ngerokok... ampun dah, please hormati orang2 disektarmu. daripada ngisep asap rokok masih mendung ngisep bau kentut sapi.... #wedew.. :D

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah.. suamiku ga merokok dan sama2 pembenci asap rokok.

    ReplyDelete
  7. aku punya pacar, dulunya dia perokok, tapi alhamdulillah skrg dia tidak merokok... ^_^

    ReplyDelete
  8. Keren nih videonya, mestinya sih pemerintah serius ya bu, cuma bakar uang saja merokok..thank,

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...