Tuesday, January 31, 2012

Balikpapan (1) - Enclosure Beruang Madu

Assalamualaikum,

Liburan awal tahun saya diawali dengan terbang ke pulau di atas Jawa, alias Kalimantan. Kalimantan timur, Balikpapan tepatnya. Err, sebenarnya kedua sih, awal tahun banget saya ada di Malang waktu tahun baruan.

Anyway, ini mungkin keberapa kalinya saya ke Balikpapan, I guess beberapa follower saya di sini sudah tau alasan saya pergi ke kota tersebut, iya kan ? kan ? KAN ? *sok seleb, ngaku punya banyak follower* hahahaha

Jadi setelah beberapa bulan saya tidak bertemu dengan Kakak, Kakak ipar dan keponakan cantik saya selama hmm... berapa bulan ya, oh ya, terakhir waktu trip ke Bandung itu, akhirnya saya dan Ibu saya memutuskan untuk rehat sejenak dari pekerjaan (koreksi) kami *hahaha, mentang-mentang kerjaannya sama-sama dosen* untuk terbang ke Balikpapan menengok mereka.

Syifa, ponakan saya itu semakin ceriwis, menggemaskan dan unyu bangeeet ... *cinta banget saya sama dia*
Tuh lihat, menggemaskan kan ? Semakin mirip kan sama Auntie-nya ? *jangan protes, hahaha*


Eh iya, back to the subject, karena kakak-kakak saya tersebut pada sibuk bekerja, akhirnya sehari sebelum kami pulang, kami diajak jalan-jalan seharian.

Tujuan pertama adalah Agrowisata Balikpapan, apakah yang ada di bayangan teman-teman tempat yang sejuk, fresh, penuh dengan buah dan nyaman ? Awalnya saya berpikir begitu, sayangnya, itu jauh dari perkiraan saya.

Nama tempatnya adalah KWPLH Balikpapan, Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan, tempat konservasi Beruang Madu sebenarnya. Entah mengapa diberi judul Agrowisata juga. Ternyata usut punya usut, disebut begitu karena ada perkebunan rambutan di sana. Terletak 10 KM ke arah Samarinda, tepatnya di Bukit Soeharto, jadi arah ke luar kota memang.


Suasananya, puaanaaas banggeeett ... yeah, benar-benar panas, saya nggak ngerti sejak pertama kali saya main ke Balikpapan beberapa tahun lalu sampai sekarang, Balikpapan itu panasnya bukan main, kabarnya karena dekat dengan khatulistiwa dan tanahnya mengandung batubara, benar kah? Well, tapi tetap saja, benar-benar menggemaskan panasnya *halah*

Lalu apakah saya bertemu dengan beruang madu ? Nggak juga sih, tidak tepat waktu sebenarnya. Seharusnya datang ke tempat tersebut pada pukul 09.00 WITA atau 15.00 WITA, dimana beruang madu tersebut akan mencari makanan di dekat-dekat KWPLH, sehingga pengunjung dapat melihat bagaimana bentuk beruang madu tersebut sebenarnya.

Akhirnya, karena tidak terealisasi, saya cari tau saja di "museum" Beruang madu yang ada di satu spot di KWPLH tersebut. Nih saya foto kan sama beruang ? Hahahaha, even nggak nyata.



Banyak hal yang akhirnya saya tau tentang beruang madu tersebut, dimana ternyata mereka memiliki tanda V bewarnya pudar di dadanya, memiliki lidah paling panjang dibanding beruang lain, pemakan serangga dan habitatnya dekat dengan pohon tertentu. Dan kemungkinan Beruang Madu Kalimantan itu bukan Winnie The Pooh :p
Salah satu keterangan di "museum" Borneo Bear :)
Tapi syukurlah, Syifa bisa lari-larian di sini, bisa main bubble kesukaan dia juga.



Haaaappppyyyy !! :D

Ah baiklah, nanti saya bagi-bagi foto dari Balikpapan lagi, saya mau tidur dulu ~.~"

I think that's all, thank you

Wassalamualaikum,

7 comments:

  1. Enaknya ke balikpapan !! Bpp tuh panas krn konon selain nyaris khatulistiwa, tepi pantai juga karena sebagian besar tanah di sana mengandung (calon) batu bara yang terkadang mengeluarkan gas *ceunah...jadi panas disana poooolll abisss dah !!!

    ReplyDelete
  2. @bella : ooh gitu, ya mbak bell, hehehe, pernah ke Balikpapan juga kah ? :D

    ReplyDelete
  3. @mila : kepiting dandito gw udah habis, mil :p maap ya :D

    ReplyDelete
  4. Huwaaa, diriku belum pernah ke Balikpapan :P Btw, ponakanmu lucu banget, ekspresinya ituuuu :D

    ReplyDelete
  5. kamu cantik deh difoto itu.
    terlihat sedikit lebih cantik drpd aku, hehehehe...

    #jewer

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...