Monday, June 6, 2011

So here's the plan

-Monday, June 6th 2011-

Assalamualaikum,

Ini tentang novel yang ingin saya selesaikan *yang semoga tidak sampai akhir tahun ini*, sebuah harapan dari hampir setiap tahun, yang bahkan pernah saya tulis di wishlist saya di tahun 2008.

Hmm, ternyata memang saya mengalami kesulitan *ah mungkin saya aja yang nggak mau berusaha lebih keras*, tapi bagi saya yang emang pengeluh ini sulit untuk membuat berbagai karakter untuk masuk ke dalam sebuah cerita. Tapi beberapa contoh novel yang saya baca seperti halnya 5 CM, Traveler's tale, Negeri Van Oranje, bahkan teenlit macam Sisterhood of Traveling Pants aja bisa jadi dan ada wujudnya. Jadi kenapa saya nggak bisa ?
Er, memang sih beberapa novel yang saya sebut di atas, ada yang tidak ditulis sendiri oleh satu orang saja. Beberapa orang ikut urun rembug dalam novel tersebut, sehingga satu penulis bisa fokus pada satu karakter. Tapi ada juga yang mampu melakukan semuanya seperti Donny Dhirgantoro di 5 CM dan Ann Brashares di SOTP-nya. Yeah, I guess they're an expert.

Oh iya, sebenarnya saya sih memang mendapat teman join nulis, si Mirna *seperti yang saya tulis di postingan tentangnya beberapa waktu lalu*, tapi saya lagi nggak mau ganggu dia, soalnya banyak masalah dan banyak pekerjaan yang harus ia selesaikan. Akhirnya saya mencoba untuk menyelesaikan semuanya sendiri *dulu*

Lalu, saya sedikit mengalami kebingungan menentukan plot novelnya, saya sudah tau ceritanya, saya tau endingnya seperti apa, tapi saya bingung dengan cerita di dalamnya, ah! Tipikal sekali kan? hehe.

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk membuat saya tidak bingung dengan cerita yang saya buat ini, dengan iseng saya print screen draft novel saya yang masih 26 halaman itu, dan seperti yang teman-teman lihat ada berbagai macam font color di dalam draft tersebut. Ya, masing-masing tokoh A, B, C, D dan E memang saya bedakan melalui font color, kecuali pada obrolan pada tokoh. Ya cukup membantu sih.


Saya kadang merasa lucu sendiri, ini tuh draft ke berapa saya, mungkin draft cerita ke 7, karena hanya yang pertama yang jadi tapi tidak diterima di penerbit. Yak ampun, saya jadi semacam takut yang ini juga nggak selesai ~.~" ah, tapi percaya diri sajalah ...

Jadi, menurut teman-teman, adakah cara lainnya agar saya bisa cepat menyelesaikan novel ini ? Perlukah saya teman join menulis yang lain ? Mungkin ada yang tertarik ?

Atau saya cuma harus berusaha lebih keras ?

Yak ampun, saya kok sombong sekali ya, padahal belum tentu novel saya banyak yang suka, hahahaha. Biarin deh, yang penting berusaha. SEMANGKA !!!

Wassalam

I think that's all, thank you

20 comments:

  1. mba, aku mau melamar, untuk menuliskan satu dua kata di novelmu :p hehe. seriously, sini aku bantu sini. :D

    ReplyDelete
  2. semangaat.. seperti pepatah bilang, bersakit2 dahulu berenang kemudian (embuh lek salah) yang artinya:
    menulis-nulis dahulu jadinya kapan-kapan..

    ReplyDelete
  3. Genre nya apa niy fen?.. ada bocoran ga niy hehe...

    ReplyDelete
  4. wah, bikin penasaran, mudah2an ngga lama lagi sudah nongol di gramedia jogja

    salam

    ReplyDelete
  5. Semangaaaaat mbak Fen, aku mah ngk ahli jg, jd aku bantu doa aja yah (J^.^)J
    *kecup-kecup

    ReplyDelete
  6. @kamal : komentar yang simpel, hehe, salam kenal juga

    @dedet : mau mau :D

    @fajar : hahaha, jangan kapan2 pokoknya jangan sampe akhir tahun ini xD

    @astu : jangan penasaran ah, biasa aja kok, yang pasti tetep pada pakem "love story"nya, ihik :p

    @jarwadi : gramedia katanya, hahaha ... amin amin :D masih pengen terbit indie sih, pake NBC :D

    @chici : hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Makanya kan aku pernah tanya, ngatur konflik sekian banyak tokoh apa nggak ribet. Sandra Brown kadang-kadang novelnya cuma berkutat di cinta segitiga yang rumit. Kalau saranku sih, sebaiknya konflik utamanya tiga aja, lainnya pendukung konflik utama. Tapi ya terserah sih, situ yang nulis hehe, semoga berkenan. Semangat :)

    ReplyDelete
  8. ayooo Mbak Fenty, selesaiin draftnya dunk ;)

    semoga tahun ini bisa rilis yaa ;)

    SEMANGKA, semangat kawan ^___^

    ReplyDelete
  9. Saat ini jgn fokus kepada apakah novel-mu akan disukai orang atau nggak. Yg terpenting selesai dulu deh. Klo gak selesai kan kita2 juga blm bisa baca toh? ;)

    Aku jg gak punya saran bgmn menyelesaikan suatu novel krn aku sendiri kesulitan menyelesaikan sebuah cerpen.

    ReplyDelete
  10. @galihsatria : makasih Galih atas sarannya, hehehe, masalahnya aku udah sering nulis begitu, pengen lebih yang menantang :p *ceileh, sering aja gak ada yang jadi* xD

    @diah : amin amin ya robbal alamin

    @ndutyke : iya mbak, semoga kita bisa cepat menyelesaikan semua :)

    ReplyDelete
  11. ke bengkel aja ga susah kok. apalagi nulis novel. hayooo kamu bisa!

    ReplyDelete
  12. ahiahaha, sama kaya aku dulu banget nih. Cita-cita sih ada, kemampuan untuk mewujudkannya itu yang .. hedeeh.. *lap keringet*

    Sukses dengan project novelnay ya, Jeng.. :D

    ReplyDelete
  13. Yaaay! semoga novelnya cepet jadi, Say.. ;)

    ReplyDelete
  14. ayo mbak segera terbitin novelnya
    jangan lupa dikirim 1 ke Rusa yak :)

    bergenre tinlit gak papa deh :)

    ReplyDelete
  15. Dulu aku bikin novel lho, pas jaman masih SMP-SMA dulu. Aku bikin sampek lima biji, dan setiap novelnya diselesaikan dalam kurun 3-12 bulan.

    Sebenarnya nggak ada resepnya gimana caranya supaya bisa menyelesaikan novelnya. Yang penting konsisten aja, nggak usah ditargetin. Setiap kejadian yang aku alamin langsung dijadiin inspirasi buat adegan novel, dan tidak mustahil bahwa ending-nya tidak seperti yang kita rencanakan. Tapi yang penting, novelnya selesai, dengan ending yang kita sukai.

    Nggak usah mikir orang lain suka apa enggak. Yang penting nulis. That's it.

    ReplyDelete
  16. Semangka? hihihi.

    Fen, udah bikin persona? Tiap tokoh karakternya apa, cara pikirnya gimana, etc?

    Kalo udah, coba in a very SHORT summary, ceritain dengan sudut pandang tiap tokoh - perjalanan awal sampe ending, apa yang mereka rasain ato alamin ato pikirin ATO gimana mereka udah berubah dari awal to ending. I think that might help.

    Good luck ya!

    Salut aku, kamu justru udah melangkah segitu jauh. Aku kepikirin mau nulis, tapi mulai mengetik "Bab 1" aja belon heheh. Ayuh, tetep semangka!

    ReplyDelete
  17. @nengbiker : amiiin

    @anonymous : amin makasih, tapi ini sapa yah ?

    @devieriana : amin amin ya robbal alamin

    @rusa : sip siap deh, tapi bayar yak ? hahaha

    @vicky : kalo mbak vicky aku percaya ^_^v

    @starlet : semangka itu semangat kakak! atau semangat kawan! :D oh kalo setiap karakter seperti apa itu sudah terpikirkan kok, let, makasiiih banget sarannya ya, helpful :)

    ReplyDelete
  18. Kemarin saya sudah sampai halaman 105
    tp skrg mendadak macet, kehabisan ide :(

    ReplyDelete
  19. Hmmm karena saya orangnya penyendiri, saya akan bilang, "selesaikan sendiri aja, Mbak." :D
    Bukan berarti gak minta saran orang lain. Minta saran dan pendapat orang lain tetap lebih baik. :) Dan memang... tampaknya Mbak harus berusaha lebih keras. :D *berasa bikin novel gampang gitu yak*

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...