Wednesday, June 8, 2011

Renoveling : What's in your mind ?

-Wednesday, June 8th 2011-

Saya akhirnya serius akan mempublish novel roman remaja lama saya yang jadi di tahun 2005 silam via Nulisbuku.com. Why? saya hanya ingin sedikitnya mimpi saya terwujud untuk punya novel berbentuk buku di tahun ini. Haha, ambisi terpendam.
Jadi sembari saya menyelesaikan cerita yang saya bahas kemaren yang saat ini coba saya selesaikan, saya mulai merencanakan untuk mempublish cerita lama saya itu.

Eh saya nggak mau buru-buru juga sih, secara saya baru menyadari kenapa novel saya tersebut tidak mau diterbitkan oleh penerbit mainstream di waktu itu (⌣́˛⌣̀"!)

Ternyata memang belum ada kejelasan beberapa cerita dan bahasanya kadang tidak enak didengar. Okay, saya bukannya mulai sok keminter. Tapi selama 6 tahun belakangan, banyak pengalaman pribadi *cieeh*, banyak tulisan dan buku yang sudah saya baca dan ternyata memang, novel saya ini belum "berisi". Haha, bukan berarti jelek juga sih, saya sudah sangat bersyukur bisa menulis 152 halaman yang "bercerita" dan bagi saya itu cukup membanggakan kok. Hanya saja kejelasan tokoh, ucapan, pengantar, narasi, setelah saya baca lagi memang belum lengkap. Maka itu saya berinisiatif untuk melengkapinya. Saya berlagak jadi editor nih sekarang, mengedit kesalahan kata, kekurangan narasi dan kejelasan tokoh di novel ini.

Dan setelah mengedit beberapa jam barusan saya sudah bisa menambah 4 halaman baru *yippie* hehehe. Untungnya bagi saya bab-bab awal ceritanya mulai bisa dipahami. Kita lihat saja apa mungkin bertambah sampai 20 halaman :D

Tentang judul, okay, dulu novel ini berjudul "What's in your mind?" Secara tokoh-tokohnya kebanyakan mikir, haha, saya banget. Dan waktu itu memang saya juga nggak kepikiran yang lain, mepet dengan waktu deadline pengumpulan naskah. Namun sekarang saya berpikir untuk mengganti judulnya dengan yang kata-kata berbeda. Mungkin akan terpikirkan dengan berjalannya waktu dan bantuan beberapa perewangan *halah* colek teman-teman yang pengen bantuin saya :D

Postingan selanjutnya *kalau nggak kepikir posting tentang hal lain* saya akan coba tulis ringkasan ceritanya :D tunggu ya :)

Langkah selanjutnya bikin cover, yippiie *buka corel dan photoshop* (gym)

*postingan promosi banget* (っ˘Ð·˘)っ

I think that's all, thank you

27 comments:

Vicky Laurentina said...

Semoga sukses novelnya ya, Fen :)

Re_Notxa said...

Jangan kebanyakan di edit. Naturalisasinya bias berkurang. Kl beli kasih disk on ato free boleh y kakak? Huhuhu...

pinkparis said...

gud luck (gym) (gym)

Fonega said...

Allah, always :)

devieriana said...

Yaaay! Go Fenty, Go Fenty, Go!
:D
Good luck yah :)

posh said...

cieee....Fenty reeekkk...gayaaa reeekkk...nggae novel jarene....hehehe....*bcanda Fen, ojok nesu* aniwei congrats sis,.. moga sukses ma novelnya.. *ntar aq dikasih gratis gk ya???? *ngarep gratisan haha*

Ladyonthemirror said...

Selamat ya Fen, aku juga suka nulis tapi aku ngga sekonsisten kamu trus waktunya ngga ada lagi jadi sudahlah...he...he...kalo sudah selesai adain acara bagi2 buku gratis yaa

Fenty Fahminnansih said...

@vicky : amin :)

@nora : naturalisasi, semacam pemain sepakbola saja, hahaha ... kenapa sih dengan semua orang pengen free ? ah tipikal indonesia sekali kau nak ~.~"

@pinkparis : (worship)

@fonega : yup :)

@devieriana : yaaay !! *semangat 45*

@ugo : halah, go go ... ojok gratisan terus tah, indonesia banget ~.~"

@ladyinthemirror : tuh kan gratis mulu T_T

ndutyke said...

secara aku MENDUKUNG temanku, maka nanti kalo novelmu akhirnya dipublish, maka aku mau jadi orang pertama yang MEMBELI-nya. jangan lupa tanda tangan, cap bibir dan kata2 mutiara untukku.

i dont accept gratisan
#ngikik
#kipas2cantik

Radyta Alfiyah said...

wew!!!slamat ya mbk Fen...sukses...klo udah terbit jgn lupa kasih tw y mbak...aku pengen baca novelx...hehee..sklian nnt bonus tanda tngx.. :)

StarletStarlet said...

Hoooray, good luck yaaaa

Fenty Fahminnansih said...

@ndutyke : makasih mbaaak *kecup kecup*

@radyta : insyaAllah nanti dikabarin :)

@alet : yaaay ^_^

Re_Notxa said...

baik, saya akan meluruskannya sebelum karakter saya akan berubah jadi nggilani. *pede.

Naturalisasi, PR buat bu fen cari di kamus ya? :))

Sebagai pembaca yg lama membaca. Sangat penting untuk "menghakimi" penulisnya. "wwaaaa, ni cerita harusnya gini. Itu, begunu..". You ought to drive ur reader's mind onto ur story.

Enjoying for free does exist to everyone in this universe (see, i do english so i'm english man. Not for Indo only). Besides, i just ask u once for it. (T_T)

(niat tenan)


*ngakak beheeeel

Anonymous said...

wah, ntar di cek di nulisbuku.com dulu, hehe, sama sih mbak, nulis novel mentok di jumlah halaman gak lebih dari 100. haha, gak jadi2 deh.

rotyyu said...

Nulis sebanyak halaman itu saja menurut saya sudah hebat, saya selalu menyerah kalau ada pelajaran mengarang di kelas :)

daz said...

Fen... selamat yaa!!!!! selamat lo yaaa!!! selamattt!!!! sellllaaaammmaaaaaattttt!!!!
*keliatan gak ngirinya (Aku yo pengen) wkwkwkwkw

Juminten said...

Wah, semangat mbak! :D Salut, deh. Aku udah ga kepikiran kapan bisa ngelanjutin nulis cerita novelku yg udah sampe di bab 4 itu. Mau ngelanjutin lg, feel nya belum dapet2 jg. :P *ngeles*

ndutyke said...

ayo Juminten dan Fenty! semangat nulisnya!

#bawaPomPom

aDhiNi said...

Hahay! Di nulisbuku.com yaa Fen? Itu juga salah satu goal aku bulan ini. Sama-sama berjuang yaahhhh \(^_^)/

azizhadi said...

Ihiiiii, mbakku satu ini bikin novel nih, hehe.. sukses deh mbak.. kapan nih aku bisa baca novelnya.. 8P

Fenty Fahminnansih said...

@nora : nora ngomong apa sih ? hahaha, iya iya, nanti aku kasih gratis untuk beberapa orang termasuk nora :) aku tulis kamu di ucapan terima kasihnya looh ^_^

@anonim : hehehe, ayo ayo berusaha lagi :)

@rotyyu : hehehe, semua orang bisa menghayal kok

@daz : hadeehh, diaazz, bagiku tulisan kamu itu hebat, ayo doong, aku pengen liat tulisan kamu dibuat bukunya. I'll buy it for sure :)

@jumi : hahaha, ayo laaa ... kamu bisa :)

@mbak tyka : ayo mbak tyka juga !! ^_^

@adhini : hahaha, goal tahun 2008 jadi goal bulan ini xD

@aziz : makasih dek aziz ^_^ sebentar lagi ya :)

Raffaell said...

Pengen liat sinopsis nya dulu, :D

aRuL said...

saya pernah mencoba dan mebayangkan dalam fikiran utk menulis fiksi menjadi sebuah buku, tapi hanya dalam angan2 belum kesampaian :D

Helman Taofani said...

Jadi inget duluuuu banget pertama kenal lu juga tengah menggebu mau bikin novel. Waktu itu udah sempet kirim naskah bukannya?

rachma said...

penasaran euy sama novelnya..hihi

Ratih Rachma said...

penasaran

Fifa said...

hyaaa.. ayo segera dinulisbukukan... ntar aku beli wes.. :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...