Sunday, December 12, 2010

Trend Design 2011 by Ace Hardware

-Sunday, December 12th 2010-

Akhir tahun, seperti hampir di semua lini, orang-orang yang berkecimpung di dunia desain telah meramalkan trend design di tahun 2011. Hari Rabu, tanggal 8 Desember 2010 kemarin, saya mendapapatkan kesempatan untuk datang ke event yang cukup jarang diadakan oleh pusat perbelanjaan sejenis secara gratis.

Panggung
Digawangi oleh Ace Hardware, yang merupakan pusat perbelanjaan perkakas kebutuhan rumah tangga dan pertokoan, yang namanya pasti sudah sangat dikenal orang masyarakat Indonesia maupun mancanegara, mengundang orang-orang yang berkecimpung di dunia desain Interior dan Arsitektur untuk sharing tentang trend design 2011 ini.

3 tokoh yang didaulat menjadi pembicara di acara yang dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00 di Ballroom Supermall Pakuwon Indah itu adalah :
1. Ken Hindarto, dari ACE Lighting - Indonesia
2. Scott Hasson, dari ACEPAINTs - USA (yang diwakili pula oleh Reza Sjarif dari pihak Ace Jakarta)
3. DR. Ir. Mauro Raharjo, Ms. M. Arch – The Founder of School of Fengshui – Indonesia.

Acara dimulai dengan adanya lelang 2 produk dari Ace yang itu Cat tembok ukuran besar dan Lampu dengan bahan LED, yang dilelang lebih dari 50% harga jualnya.
Lalu diteruskan ke pokok acara yaitu sharing produk, ide dan penjelasan tentang Lighting di 2011 oleh Bapak Ken Hindarto. Beliau menjelaskan bahwa di tahun-tahun yang akan datang produk yang lebih booming yaitu yang bersifat eco living. Tentu saja, hal tersebut didapatkan dari banyaknya kampanye go green di semua negara. Lampu LED atau light-emitting-diode dan lampu eksterior dengan sistem solar disebut-sebut menjadi sistem lighting yang akan booming nantinya.
Saat ini LED sudah dipakai di semua negara maju. Bahkan penggunaan lampu pijar di beberapa negara sudah dilarang karena tidak mampu menghemat energi dan tidak bersifat eco living. Karena jika dibandingkan 3 Watt LED sejajar dengan 25 Watt lampu pijar. Walaupun harganya jauh lebih mahal (5x lampu pijar) namun dapat bertahan sampai 30.000 jam. Produk-produk Ace sendiri telah menggunakan lampu LED untuk setiap produknya.
Ken Hindarto
Obrolan kedua tentang produk Cat yang memang baru saja diproduksi dan dikembangkan oleh Ace Hardware. Scott Hasson (yang karena kendala bahasa, ditranslate-kan oleh Reza Sjarif) dari pihak AcePaints Amerika menjelaskan sedikit tentang produk yang dikembangkannya tersebut. Berikut dengan keunggulan, tips terbaik, fitur-fiturnya dan pabriknya yang hampir full machine. Menjelaskan pula warna-warna terbaik yang dapat digunakan di 2011.

Presentasi dilanjutkan oleh Reza Sjarif, presentasi untuk mengisi waktu kalau saya bilang. Sedikit tentang persepsi warna, persepsi manusia dan hal-hal yang tidak membuat kita ngantuk. Pukul 12, acara dilanjutkan dengan ishoma.

Dan Pukul 13.15 acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai ilmu Feng Shui.
Ini adalah acara yang mungkin ditunggu-tunggu oleh para peserta seminar, karena kami cukup penasaran dengan ikhtisar Feng Shui ini. DR. Ir. Mauro Raharjo, Ms. M. Arch, seorang master fengshui yang juga merupakan Arsitek ini menjelaskan bahwa Feng Shui itu bukan mangacu pada agama manapun, bukan juga klenik, namun merupakan Ilmu. Sebuah Ilmu apapun itu, belum tentu tepat kebenarannya, namun selalu bisa dipelajari.
Menurut penalaran saya, Fengshui tidak bisa dipejari hanya dengan pertemuan 1 jam seperti ini, penggunaan angka, perbintangan, tanggal lahir, bulan, jam dan sebagainya merupakan hal yang sangat berkaitan. Sangat kompleks, yang akhirnya saya terpaksa menyetujui mungkin memang ini ilmu dan bukan ilmu gathuk *seperti salah satu pertanyaan audience waktu itu*

Doktor Mauro
Menurut Doktor Mauro, tahun 2011 unsur Metal dan Wood yang menjadi trend. Bukan berarti kemudian trend design-nya menggunakan Besi dan Kayu, namun menurut beliau Besi dan Kayu itu berseberangan.
Saat ada kayu yang tumbuh, akan dipotong dengan gergaji *yang menggunakan besi*. Sehingga harus ada kompromi di tengah-tengah.
Maka harus ada Api dan Air, yang dapat menetralkan keadaan.
Sehingga yang menjadi trend adalah sesuatu yang bersifat Api dan Air.
Apa saja itu ? Warna-warna api akan menjadi trend, warna berani, warna menggugah, semangat dan lain sebagainya. Sedangkan biru juga dapat menjadi pilihan karena biru merupakan unsur dari air.

Menurut saya, inti ramalan atau pendapat orang-orang tentang trend design 2011, yang terpenting adalah orang-orang yang berkecimpung dalam dunia desain ini terus berkarya untuk mendapatkan yang terbaik.
Terbaik dalam arti menghasilkan desain yang lebih berguna, eco friendly dan estetis di mata masyarakat.


I think that's all, thank you

10 comments:

  1. wah,ini artikel berbayar dari Ace yak?
    *nuduh semena-mena,wahihihi*

    ReplyDelete
  2. @mas fahmi : kagak, eh seharusnya aku minta dong ya ? xD

    ReplyDelete
  3. hemm... bagus blognya mbak jdi pengen punya juga :D

    salam kenal...

    ReplyDelete
  4. wih wih wih..
    mana kupon voucher ace, ada gak?
    mintaak~

    ReplyDelete
  5. Woogh, acara ini gratis, Fen?

    Aku ke Ace Hardware itu cuma seneng liat-liat barangnya thok.. lucu-lucuu.. :D

    ReplyDelete
  6. Sumpah...dari tadi gue masih takjub ama blog elo...keren...takjub,,,plus salut...tengah malem eh dini hari, napa gue jadi dapet wansit buka blog elo yah? :p

    Hihihihihi misi...keliling blog elo dolo, yah darling :)

    ReplyDelete
  7. kok di malang ga ada ya...

    eh km kok kenal ama tampon? itu tu si crampon.. ntar sabtu kopdaran nih :))

    ReplyDelete
  8. @aftony : silahkan punya yang seperti ini :D

    @wandypopok : hehehehe, padahal aku juga udah lama gak kesana

    @alfone : ngusrek2 kantong, err ... gak ada, fon xD

    @devieriana : bener mbak, lumayan banget kaaaan ^,^ lumayan dapet souvenir cat :p

    @dahlia : hihihi, makasih unii ... :D

    @nengbiker : tampon ?? O_o alfone maksudnya ? eh dia yang tiba2 muncul kesini, hehehehe ... sip dah, ntar kita pasti ketemuan :D

    ReplyDelete
  9. opoae yoh~

    *kesuwen, kluarin atm, "maaf mas,gagal, saldonya kurang sepertinya"

    z z z z z

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...