Thursday, November 4, 2010

Tentang program komputer

-Thursday, November 4th 2010-
*Memasukkan nilai mahasiswa ke dalam Excel*
Seorang teman nyeletuk,
"Wii, kok bisa sih mbak pake' program ini, aku loh nggak iso blas"
Saya meliriknya dan tertegun, "Masa ? Ini kan excel?"
"Hehehe, iya mbak, aku lebih mending suruh ngerjain Corel daripada excel"
Lain waktu seorang teman ngobrol dengan saya, 
"Tau nggak mbak, ada loh temenku yang nggak bisa Word, nulis laporan pake Photoshop"
*tercekat* 
"Niatnyaaaaa...."


Kadang saya bersyukur bisa lancar menggunakan 2 program umum itu. Saya jadi terpikir saat awal-awal mengenal program-program komputer. Dulu jaman saya SMP, CMIIW, DOS dan Lotus ya ? Saya termasuk yang lumayan cepat beradaptasi dengan mata pelajaran tersebut. Alhamdulillah, karena dari jaman saya kecil di Denpasar, di rumah memang sudah ada komputer. Walaupun di saat itu saya hanya ngerti main game aja :D. 

Waktu SMApun saya lumayan cepat menangkap pelajaran komputer, seingat saya, jaman waktu ada tugas ataupun ujian Wordstar saya paling cepat selesai dan keluar dari kelas. Yang dibutuhkan dari pelajaran Wordstar itu cuma satu, ketelitian. Hafal dengan rumus batas kanan dan batas kiri, Bold, italic dan underline, untungnya saya cukup teliti, makanya sukses. Jadi ini masalah teliti atau karena saya mengenal komputer ya ? hehehe.

Kembali lagi, seharusnya dengan adanya Word dan Excel, pengganti wordstar dan Lotus, memudahkan orang untuk menggunakan program-program semacam itu kan ? Kenapa malah ambil yang ribet dengan menggunakan photoshop ya ? Hmmm

Kalau dipikir lagi program komputer itu semakin lama semakin berkembang, macam-macam dan mempermudah orang, karena program-program seperti ini memang bagian dari teknologi kan ? Yang dulu orang menggunakan kamera manual dan nggak bisa ditusir, sekarang sudah ada photoshop yang mempermudah hal tersebut. Entah dengan scanner atau dengan kamera digital.

Hal-hal seperti ini membuat saya ingin untuk mengembangkan pengetahuan saya dalam hal program-program komputer lain seperti Flash, AutoRevitt, Joomla dan program-program membuat website itu *saya nggak tau apa aja namanya*. Karena kalau dihitung-hitung, saat ini saya hanya familiar beberapa program komputer antara lain Microsoft macam Word, Excel, Powerpoint, Project lalu Coreldraw, Photoshop *itupun masih perlu lebih banyak belajar*, AutoCAD, ArchiCAD dan 3DMax *yang ini saya bahkan udah lupa, karena udah lama nggak pegang, hihi* oh iya saya lupa ... Minitab, SPSS dan Easyfit juga, hahaha *jadi inget sama tesis* xD

Semoga dengan begitu pengetahuan saya semakin berkembang dan dapat lebih memberi manfaat kepada orang lain. Semoga diberi kesempatan ya ? ^_^

Kalau cerita kalian bagaimana ?


I think that's all, thank you

14 comments:

  1. wah gila ya lebih tau pake corel ketimbang pake excel... hihi...
    padahal orang sebaliknya :D

    ReplyDelete
  2. kadang kita sibuk sama hal-hal rumit sehingga yang sederhana malah kita ga ngerti..

    Logikanya sama kan ya kayak gitu? Dulu inget banget pas mau ujian skripsi, mati-matian ngapalin segala macem istilah susah, pas sidang ditanya soal dasar. saya sukses bengong. Lah ditanya kok pelajaran semester 1.

    hihihihihi

    *ga ada hubungannya sama program komputer*

    ReplyDelete
  3. ah,itu cuma masalah kebiasaan...dan KEPEPET (lagi) :-D

    percayalah, kepepet itu akan membuat potensi seseorang tergali habis, dan itu yg terjadi pada diri sayah, hahaha... :-D

    jadi, jgn lupa...KEPEPET IS THE PRET...eh, BEST

    ReplyDelete
  4. saya cuma tahu word dan excel, belajarnya pun otodidak alias sendiri dari buku panduannya

    ReplyDelete
  5. Seharusnya kita tidak mengkotak-kotakkan software yang sesuai dengan bidang kita. Misalnya seorang desainer masak dengan arogan menggunakan Photoshop untuk mengetik. Meskipun saya anak IT, tapi saya juga tertarik belajar Photoshop, CorelDraw, Ilustrator, Freehand, InDesign, bahkan kadang-kadang pegang Premiere. Cuma 3DMax aja yang saya tak tertarik mempelajarinya :)

    ReplyDelete
  6. wah pengen banget bisa corel..
    ajari fen...

    ReplyDelete
  7. Banyak sekali software, ada SAP 2000, Staad Pro, Etabs, Plaxis... kalau di sipil

    ReplyDelete
  8. wah buseet ngetik word pake photoshop..stau saya namanya word processing enakan pakai word ari pada photo processing :p hehhee

    ReplyDelete
  9. lhaar! ngetik pake photoshop? ;))

    dulu saya sempat paham corel, photoshop, sama apa tuh 1 lagi, lupa namanya, yang buat nyeting koran.. Sekarang, karena sudah nggak pernah dipakai jadi ya..dadah babay :D

    ReplyDelete
  10. aku pingin kursus corel padamu mbak.. serius ini, buka kursus private sampe bisa dan mahir ga? how much cost and time? mumpung setelah merit nanti ga kerja lagi dan punya banyak waktu luang. PM ya :)

    ReplyDelete
  11. Memang itu program aplikasi paling dasar. Ada yang "bayar" versi Microsoft atau yang gratisan versi Open Source. Belajarnya banyak bukunya. Tapi tetap kalo gak sering dipake ya lupa juga.
    Mau belajar gratis dengan instruktur juga ada. Datang aja ke STIKOM Surabaya(Sorry Fent, nunut iklan) :)

    ReplyDelete
  12. iya, aku juga terbiasa pake excell dan kelihatannya banyak orang yg blm terbiasa hehe~

    ReplyDelete
  13. hihihihi. ini true story, temenku yg asisten lab komputer bahkan bingung waktu mau bikin powerpoint. 'iki piye mulai ngetik'e?', tanya dia waktu itu.

    woalah, kang. kebanyakan maenan 3Ds Max sih :))

    aku sih microsoft office alhamdulillah cukup paham, begitu juga dengan sofwer-sofwer desain. jadi inget dulu waktu TA sampe windownya ada belasan yg jalan :))

    ReplyDelete
  14. mbak,klo blh tw mbk fenty ini desain grafis t?kq beberapa q liat postingnx ada gmbar corel yg bagus2.mbk,kpn2 kasih tutorial ttg bwt gmbr kyk d postingn ini donk!!!hitung2 bagi2 ilmu...hehehehe...
    klo q sihh knlx masih word,excel(tp yg ini bingung rumus2x hehehe),photosop,corel,flash doang...hihihi

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...