Friday, November 26, 2010

Perawatan rambut yang terbungkus jilbab

-Friday, November 26th 2010-

Seperti hampir semua perempuan yang berjilbab, seperti saya, Nilla, mbak Tyka, Nora, Chici dan Mimi, Alia, Nike, Mitra *ini ceritanya absen temen blogger yang berjilbab, hehe, ternyata buanyak dan masih banyak lagi*, mungkin memiliki permasalahan yang sama yaitu kerontokan rambut. Nah saya baru nemu artikel bagus nih di Tabloid Nova, judulnya  "Sehat dibalik kerudung"

Sekedar pamer foto Nora dan sayah yang berjilbab *tanpa ijin Nora* >:D

Isi artikelnya adalah sebagai berikut :

Banyak yang beranggapan bahwa rambut yang tertutup atau berkerudung akan terhindar dari kotoran seperti debu, atau mungkin juga merasa aman dari radiasi ultra violet yang dapat merusak kutikula dan korteks. Dan ternyata teori tersebut salah, sebab rambut yang tertutup terutama di kawasan yang beriklim tropis akan menjadi lembab, kelembapan tersebut yang akan memicu munculnya ketombe, kulit kepala dan rambut yang berminyak dan rontok. Dan beberapa perawatan agar rambut tertutup Anda selalu tampak sehat.

Gunakan samphoo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis kulit, untuk rambut berminyak hindari pemakaian kondisioner yang berlebihan, karena akan membuat rambut menjadi rontok.

Untuk menjaga agar akar rambut selalu kuat dan tidak rontok,  gunakan hair tonic setiap selesai keramas.

Gunakan penutup kepala atau jilbab yang menyerap keringat. Misalnya bahan katun atau kaos karena akan meminimalis panas pada rambut.

Sebelum menggunakan jilbab, keringkan rambut dengan menggunkan pengering rambut atau angin-anginkan jangan keringkan dengan handuk karena akan membuat rambut rontok. Jangan gunakan jilbab saat rambut masih basah dan akan membuat kepala lembab serta menimbulkan bau yang tidak sedap.

Potong ujung-ujung rambut yang bercabang untuk menjaga kerapihan secara teratur 3 bulan sekali.

Hindari mengingkat rambut dengan kencang, karena akan membuat rambut menjadi rapuh dan sering patah.

Lakukan perawatan kesehatan rambut minimal sebulan sekali seperti creambath , hair masker  atau hair spa .

Kalau yang sudah saya lakukan sementara ini sih, keramas rambut tiap 2-3 hari sekali dan creambath tiap bulan saja. Tapi sayangnya rambut saya rontoknya masih banyak :( mungkin saya harus ngikutin tips ini dengan benar ya ... ataukah ada tips-tips dari temen-temen yang lain biar saya nggak stress melihat rambut saya yang semakin "sakit". 

Apa mungkin tergantung dari keturunan dan jenis rambut ya ?


I think that's all, thank you

24 comments:

  1. rambutku udah sering rontok sejak sebelum menggunakan jilbab, mbak. bercabang jg. tp anehnya, sejak pake jilbab malah udh ga pernah bercabang lg. ^^

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih sekali mba Fenty. Ini sangat bermanfaat. ditunggu info selanjtnya

    ReplyDelete
  3. woaaaa...dek dedet juga rambutnya suka rontok lho mbak -.-
    iya nih, kudu telaten ngerawat..kalo nggak bisa botak..huaaa... *lebai*

    ReplyDelete
  4. @nilla : oh ya ? kok bisa ya ? berarti emang tergantung jenis rambut dan kekuatannya :)

    @ujung senja : sama sama :)

    @dedet : oh dek dedet lupa kalo kamu temen blogku yang berjilbab, hahaha ... iya ih, det, takut nih rambutnya menipis :(

    ReplyDelete
  5. Setuja ma Juminten...Sblm hijab.Rambutku ni rontok parah, bercabang,berminyak,ketombe. Setelah hijab....Semua mendadak bersih, rontok berkurang.Subhanallah.Ternyata emang gak cuma ibadah aja responansi jilbab.Tp kesehatan juga.

    ReplyDelete
  6. hampir sama ma Nilla, dulu jg rambutku bercabang, tapi sekarang udah gak bercabang lagi, yang ada sekarang rambut rontok dan ketombe, huhuh

    anyway thanks share info nya mbak :)

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat info nya
    trims sudah sharing dan salam kenal

    ReplyDelete
  8. yups betul banget , artikel yg mantap

    ReplyDelete
  9. ha ha, sepertinya ke saya jg ga' ngefek itu mbak...
    kerontokan masih saja terjadi,,,
    ada loh temen sekantor yg sampe dibotakin kepalanya gara-gara rontok -hihi, ga' keliatan ini-

    ReplyDelete
  10. @diah : rambutku gak pernah bercabang sih alhamdulillah, tapi emang tipis dan rontok :( dan rontoknya makin parah setelah berjilbab :(

    @ungu violet : sama2 :)

    @ilyasofsah : hihihi, iya artikel yang mantap :D

    @ika : nah ntuh dia, aku masih mikir2 mau botakin rambut, masalahnya orang rumah bakalan teriak2 gak liat aku kaya' gitu, hahahaha ...

    ReplyDelete
  11. nanti saya kasih tipsnya ke pacar ah :D

    ReplyDelete
  12. hmm...boleh nih.
    ntar kalo sempet kasi tau ibu ah. Hehehe

    ReplyDelete
  13. kepengen geer nama saya disebut tapi kok linknya beda yah.. ?
    jangan2 itu bukan saya lagi
    (trus ga jadi deh geernya hehe)

    dlu rambut saya tebel sampe dlu tiap potong rambut pasti minta untuk ditipisin
    tapi sejak pake jilbab malah jadi rontok
    jangan2 ini jawaban dari kata2 saya yg dlu ga terlalu suka sama rambut tebal saya huhuhu

    ReplyDelete
  14. rambutku juga tebel, tapi masalahnya sama.. rontok juga. Mungkin karena aku males nyalon-nyalon gitu ya, kecuali potong rambut dan blow.. :|

    Nanya-nanya sendiri, dijawab-jawab sendiri :))

    ReplyDelete
  15. halo mbaa.. salam kenal yaa. suka blognya. kewanita-wanitaan :)))))

    iya nih setuju kalo berjilbab kudu ekstra, termasuk ekstra pahala juga. Insya Allah :)

    ReplyDelete
  16. duh... gw belum pake jilbab nih... jadi belum bisa ngasih tips... #eh :))

    ReplyDelete
  17. gak ada ide sama sekali, karena gak pernah pusing mau rambut rontok ato bercabang, juga gak berjilbab. lha secara aku laki og. :)

    ReplyDelete
  18. rambutku juga sering rontok..

    kesel bgt klo lg keramas rontoknya banyak bgt :(

    ReplyDelete
  19. Rambutku juga rontok mbk, dulu paraaahh..sampe takut botak :( tapi setelah pake conditioner alhamdulillah mendingan..
    Sehat rambut, sehat pikiran :)

    ReplyDelete
  20. oow ada nama saya disitu mbak *baru baca hehe..

    iaa ne mbak rontok banget rambut mi, udah di siasati pake conditioner juga nggak mempan, sepertinya harus creambath nih tiap bulan..

    kalo ngiket rambutnya nggak boleh kuat lepas dunk mbak, soalnya rambut kami berdua lemes gitu..

    ReplyDelete
  21. huaaaaa baru baca postingan mbak yg ini
    *tampar2 muka sendiri
    *malu kelamaan baca padahal namaku udah dipajang

    Hmm... rambut rontok memang bikin stres, gara2 rontok terpaksa potong rambut biar nggak makin parah rontoknya, huks.....

    ReplyDelete
  22. Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
    Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...