Wednesday, July 21, 2010

Copas : Tentang Migrain

~Wednesday, July 21st 2010~

Migrain adalah penyakit yang dirasakan di sekitar kepala yang kerap kali membuat mual dan muntah. Sakit kepala ini lebih sering terjadi pada satu sisi kepala saja dan terkadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi juga dapat mengenai sisi keduanya sekaligus.

Terkadang migrain agak sulit dibedakan dengan sakit kepala biasa dan sakit kepala jenis lainnya. Sebab, sakit kepala akibat gangguan pada sinus dan otot leher yang tegang memiliki gejala yang hampir sama dengan migrain.

Penyebab utama migrain hingga saat ini belum diketahui dengan jelas. Para ahli memperkirakan migrain terjadi akibat adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi.

Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamsinya maka semakin berat juga migrain yang diderita.
Secara garis besar, migrain terjadi akibat :

1. Kekurangan nutrisi dan kurang tidur
2. Terkena cahaya yang terlalu terang atau suara yang terlalu bising
3. Berubahnya hormon saat menstruasi
4. Stress
5. Perubahan cuaca yang drastis
6. Banyak mengkonsumsi minuman berkafein, dan beralkohol
7. Memakan makanan yang mengandung MSG atau nitrat
8. Merokok

Untuk menghilangkan migrain yang anda derita, minumlah obat sakit kepala yang sesuai dengan jenis sakit kepalanya. Usahakan tidur yang cukup dan ada baiknya tidur dikamar yang gelap. Sebab pengaruh penyinaran yang berlebihan akan memperparah migrain anda.

Biasanya yang sering terserang migrain adalah wanita yang berperawakan langsing, aktif dan perfeksionis. Cuaca panas atau dingin, kelelahan fisik dan mental, terlambat makan adalah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu munculnya serangan. Penyebab migrain belum jelas benar? Ada teori yang mengatakan migrain disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah otak, sehingga terjadi kekurangan oksigen setempat dan timbul gangguan syaraf. Selanjutnya terjadi fase nyeri kepala berdenyut yang disebabakan adanya pelebaran pembuluh darah di luar tengkorak, biasanya dari daerah pelipis.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi serangan. Pertama adalah dengan menghindari faktor pencetus timbulnya migrain, atau dengan kata lain adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bila sudah terjadi serangan? Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit, seperti golongan parasetamol, asam mefenamat atau aspirin. Jika tidak ada hasilnya, biasanya digunakan obat yang lebih kuat yang harus dibeli dengan resep dokter. Obat-obat tadi hanya menghilangkan serangan migrain, tapi tidak menyembuhkan. Tapi jangan takut, migrain ini bisa berhenti sendiri dalam jangka waktu tertentu dengan atau tanpa obat. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan keuletan baik pasien alias penderita maupun dokter.

TIPS SEDERHANA MEREDAKAN NYERI MIGRAIN

Definisi paling awam dari migren adalah sakit kepala sebelah. Ada rasa berdenyut-denyut di sekitar pelipis, dahi, atau mata. Rasa nyeri ini kemudian mempengaruhi kondisi tubuh yang lain, seperti mual, wajah menjadi sembab, penglihatan kabur, tangan dan kaki terasa dingin. Meski sebenarnya sakit kepala tidak selalu berarti migrain. Tak jarang sakit kepala sebelah merupakan gejala dari penyakit atau kelainan. Misal: radang sinus, sakit gigi, atau bahkan sakit lambung. Mereka yang menggunakan kacamata biasanya terserang sakit kepala sebelah bila sudah tiba saatnya mengganti kacamata.

Penyebab migrain belum diketahui secara persis. Namun catatan kedokteran menunjukkan bahwa migrain dapat diderita oleh semua usia. Wanita lebih sering terkena migrain dibanding pria. Dan, separuh kasus migrain mempunyai riwayat keluarga migrain.

Migrain biasanya menyerang di waktu pagi hari. Padahal jam-jam tersebut adalah jam-jam produktif kita bekerja. Tentu migrain sangat menganggu produktivitas. Bukan hanya karena rasa nyeri yang sangat kuat itu membuat tak bisa bekerja dengan baik, penderita biasanya mengalami gangguan emosi. Misal, menjadi gelisah, mudah marah, depresi. Oleh karena itu langkah terbaik untuk menangani penderitaan akibat migrain ini adalah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat yang tepat. Namun demikian, tetap ada beberapa tips sederhana untuk meredakan nyeri migrain ini.

1--Beristirahatlah.

Penderita migrain biasanya peka terhadap cahaya. Oleh karena itu untuk meredakan rasa nyeri ini, penderita disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Jauhilah sumber-sumber keramaian dan tempat bercahaya terang. Tenangkan diri dengan sebaik-baiknya dan cobalah untuk tidur.

2--Kompres kepala dengan es/air dingin.

Coba redakan rasa nyeri itu dengan mengompres bagian yang sakit dengan es atau air dingin. Dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

3--Jauhi sumber-sumber penyebab migrain.

Ada beberapa zat yang dapat memicu migrain, seperti caffein, alkohol. Jika migrain disebabkan oleh alergi, jauhi sumber alergi, misal, coklat, susu, keju, dan monosodium glutamat (MSG) dalam vetsin. Kurangi minum kopi atau teh. Adakalanya sedikit cafein/kopi dapat meredakan migrain. Namun lebih dari secangkir kopi akan menambah rasa nyeri migrain. Selain itu, jauhi juga cologne dan bau-bauan yang menyengat karena dapat memperparah migrain.

4--Hangatkan bagian leher.

Berikan kerileksan pada leher. Leher biasanya adalah bagian tubuh yang bekerja berat menopang kepala. Kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala. Saat beristirahat, coba hangatkan leher anda. Atau, beri sedikit pijatan lembut.

5--Minum obat pereda sakit.

Ada banyak obat pereda sakit berupa analgesik dan antipiretik. Aspirin biasanya menjadi pilihan banyak orang. Namun, jangan sembarang minum obat. Yang terbaik adalah obat yang dianjurkan oleh dokter anda.

Mailing List Nova
milis-nova@news.gramedia-majalah.com

==================================================================================

Artikel ini di copy paste oleh teman saya saat saya menanyakan soal problem migrain saya di facebook. Yang saya Bold itu yang mungkin menjadi penyebab saya sering migrain. Tapi memang sih bottom line ... yang penting lebih banyak berserah diri sama Allah. Yang Maha menyembuhkan kan dia, jadi kembalilah padaNya.

Anyway, ada point penting juga, kata Dokter Vicky, tekanan darah rendah bukan penyebab Migrain. Jadi selama ini saya salah sangka dong ya ? Padahal dari dulu itu yang saya pikirkan, soalnya Bapak saya itu juga sering migrain dan beliau bertekanan darah rendah. Hmm ....

Anyway, semoga artikel copas ini berguna :)

I think that's all, thank you

7 comments:

  1. iyah mbak, saya jg sering migrain, apalagi jika si "bulan" datang... biasanya dengan menjauhi cahaya itu cukup membantu...

    anyway thanks sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Saya suka migrain kalo lupa sarapan... Jadi marilah sama2 berupaya hidup sehat, heeheheh

    ReplyDelete
  3. Biasanya yang sering terserang migrain adalah wanita yang berperawakan langsing, aktif dan perfeksionis <== sing iki ora di-bold?
    :D

    ReplyDelete
  4. saya juga yang termasuk kadang mengalami migrain, memang karena mempunyai penyakit magh, juga berkacamata minus hehe.. terimakasih infonya dan saran mengatasinya..
    salam :-)

    ReplyDelete
  5. iya nih saya sering binggung beda antara migrain dan kurang darah apa kan sama-sama pusing. pusingnya jg sebelah

    ReplyDelete
  6. mantapppp.........tks infonya

    http://www.menone.wordpress.com/

    salam kenal semuanya...........

    ReplyDelete
  7. Biasanya yang sering terserang migrain adalah wanita yang berperawakan langsing, aktif dan perfeksionis.

    > wah fakta diatas tak sepenuhnya benar. aktif & perfeksionis sih iya. langsing? hm hm hm.... :p

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...