Thursday, August 27, 2009

Proses menghafal

-Surabaya, Thursday, August 27th, 2009-

Sholat tarawih bulan Ramadhan kali ini jadi bikin saya inget jaman saya waktu masih kelas 3 SD *loh emang kenapa?*
Hehehehe, bukan sholatnya sih, kebetulan kan saya jarang nih sholat di mesjid, karena ehm ... ibu saya itu agak-agak sulit kalau diajak ke mesjid, karena kakinya yang masih suka merasa keseleo.
Apa hubungannya pergi ke mesjid sama Ibu saya ? Yah, well, saya beritahu ya temen-temen, kalau Ibu saya ini nggak mau ditinggal sendirian di rumah, apalagi kalau malem, siang aja nggak mau ditinggal sendiri X( *kalo kaya' gini neh, ngarep ada ART deh di rumah, biar jagain beliau, loh curcol :p*
Akhirnya saya sholatnya sering di rumah aja, sekalian nemenin beliau, karena Ayah saya yang rajin sholat di Mesjid.

Kok obrolan ini menjalar ke Ibu saya dan Tarawih ya, hehehe. Sebenernya saya mau ngomongin waktu saya kelas 3 SD. Sebelum pindah ke Surabaya, saya memang lahir dan sempat tinggal 6 tahun di Denpasar, waktu menginjak kelas 3 akhirnya pindah ke Surabaya. Waktu di Denpasar, pendidikan Islam disana memang saya rasa kurang banget.
Kalau nggak salah, seharusnya kalau saya berlanjut ke kelas 3 di sana, saya baru mendapat pelajaran agama. Nah endingnya waktu saya pindah ke Surabaya yang mayoritas penduduknya itu muslim saya merasa bego banget. Apalagi temen-temen sekelas saya yang udah dari kecil udah kenal Iqro'. Pelajaran agama muncul dan saya sama sekali nggak bisa ngaji, dan waktu itu pun sholat saya masih seriiinng bolong-bolong.

Kemudian ada satu ujian di kelas 3 dimana saya harus menghafal salah satu surat pendek yang ada di Juz Amma. Waktu itu surat yang harus saya hafalkan adalah At Takaatsur, proses menghafal paling lama. Karena waktu sholat jamaah dengan Ayah saya, beliau jarang melafalkannya *eh bener loh, proses menghafal cepat itu dengan mendengarkan*
Akhirnya saya nggak pass waktu ujian pertama. Tapi karena saya coba-coba dan coba terus akhirnya saya hafal. Dan waktu ujian kedua akhirnya saya pass.

Dan surat itu menjadi surat pertama yang lumayan panjang *dijaman segitu, bagi saya* yang saya hafal, selain surat pendek Al Ikhlash, An Nass dan Al Falaq *sejuta umat banget dah* :p. Bangga setengah mati karena akhirnya bisa menghafal surat itu, hahahaha.
Hampir di setiap sholat akhirnya saya melafalkan surat At Takaatsur.


Sekarang, saat sholat Tarawih sendirian, akhirnya saya wondering juga berapa surat pendek sih yang saya hafal, dan ternyata saya masih nggak pinter-pinter amat. Bisa diitung lah pokoknya, kalau melihat Juz Amma di halaman bagian belakang-belakang, saya merasa belum aware dengan surat-surat yang panjang tersebut.

Saya jadi merasa pengen belajar lagi, tapi waktu kelas 3 SD aja saya ribet kaya' gitu. Apa sekarang otak saya bisa menyerap lebih cepat lagi atau malah nggak hafal-hafal ??

Ah mungkin saya harus minta mp3 Alqur'an dari ayah saya, sepertinya beliau menghafal surat-surat yang lumayan panjang dari cara itu :D


Picture : saya nggak punya foto saya yang lagi ngaji, tapi nemu foto Siti Nurhaliza lagi ngaji, pake itu aja deh, hihihihihihi


I think that's all, thank you

55 comments:

  1. keep trying ^^
    at least usaha itu juga dapet pahala.
    ah kesindir juga berapa surat yg aku hapal ya...

    ReplyDelete
  2. klas 3 sd??
    humm klo saya selalu kna strap karna gag hapal perkalian djaman ituh..
    (lol)

    lgpula jaman saya sd klo tarawih pasti bawa cemilan di mesjid..khan kliadtan klo rajin ke mesjid ma ayah saya..pdhl saya ngemil dluar mesjid..
    (lmao)
    *klo inget yg ituh suka bego ndiri*

    ReplyDelete
  3. uhmff..
    trus SEMANGAD yiaa kka !
    shaa jg gga hafal bnyk :(

    ReplyDelete
  4. hihihi dimirip2an lah sama Mba Siti :P

    wah iya nih hafalah surat2 pendek bisa mempertajam ingatan otak kita lho, kalau sy wkt duduk di SMP ada tugas harus menghafal semua surat di Juz 'Amma selama 3 tahun bersekolah itu, tapi sampai lulus kelas 3 belum semua habis, malah nyisa beberapa surat panjang sblm annaba :(

    *iya mba kita hafal juz Amma yuk* biar ketika sholat gak falaq bin-Nas aja (LOL), apalagi ketika shalat malam.. masa sebanyak 11 rakaat itu surat pendeknya sama semua ;))

    ReplyDelete
  5. jadi pengen ikutan ngecheck berapa surat yang aku apal, kayaknya sih sedikit :)

    ReplyDelete
  6. soal hafalan surat pendek, samaaa.. malu rasanya sama jilbab, kl buka juz amma banyak yg blom hafal. rajin hafalan, yuk.. :)

    btw, layoutnya keren, mba..

    ReplyDelete
  7. waduuuh jeng, jd kesentil ama tulisanmu neh. Baru jg semalam nda melatih otak dgn surat2 yg ada di juz-amma. ternyata hsilnya sgt mengecewakan....:(

    btw, ide membaca dgn telinga kyknya boljug tuh..:D

    ReplyDelete
  8. lebih baik agak telat daripada gak bisa sama sekali...

    dulu saya juga sama belajar lewat iqro, tapi berenti gak nyampe iqro 6, langsung lanjut ke ngaji Al-qur'an...

    yg susah adalah gimana caranya anak kita besok mau ngaji...*masih ngebayangin*

    ReplyDelete
  9. kalo cepet hafalnya emang cepet lupanya Mbak....
    **maka bersyukurlah kalo hafalannya lama** (haha)

    ReplyDelete
  10. Boleh Juga ilustrasi tulisannya :D :D
    Sering2 saja ya.... :)
    Salam.

    ReplyDelete
  11. woh, foto siti nurhaliza toh? kirain fotonya fenty pas kelas tiga SD. cantik bgt heheh....

    ReplyDelete
  12. bener fen, gara2 setiap sore mendengar ayat yang sama dibaca di masjid secara keras, maka otomatis menjadi hafal.. begitu dibunyikan langsung bisa mengikuti sampe habis..

    ReplyDelete
  13. Nambah komen.
    Tampaknya juga tuh Siti sedang ngeja bacaan, karena nunjuk pake pinsil.

    ReplyDelete
  14. @nengbiker : hahaha, sama kita :p

    @komadkamid : kelas 3 itu paling gak bisa lupa perkalian X7, huwaah, afal banget, sampe sekarang :p

    @shaa : :) thanks shaa

    @ihwan : hihihi, iya, pasti sekolahmu sekolah islam, bener gak ?? :p

    @pinkparis : hehehe, ayo mbak :D

    @wulan : hahaha, bener, malu sama jilbab :p makasih :)

    @akubunda : sepertinya sistem menghafal dengan begitu memang lebih efektif :)

    @eskopidantipi : bener tuh, eh manggil kamu apa sih ?? :p aku kaya'nya cuma sampe iqro' 4 terus kepedean langsung al-qur'an, soalnya abis itu udah nggak belajar ngaji lagi :p

    @dum : hehehe, gitu ya ? :D

    @lamunadi : memang kenapa dengan ilustrasi tulisannya ?

    @lagi usil : hahaha, iya cantik banget, sebenernya kaya' saya kok *heleh, kepedean poool*

    @deteksi : efektif dah pokoknya

    @lamunadi : hahahaha, gak punya biting mungkin :p

    ReplyDelete
  15. bener tuh, kalo pake mp3 trus didengerin tiap saat kayanya lebih cepet hafalnya, abis itu ditambah referensi dari juz amma untuk pembenaran pelafalannya..

    ReplyDelete
  16. aku juga mba, baru mulai ngeh ngaji jaman akhir SMP menuju SMA dan mulai melancarkan pas SMA.

    sekarang sih mau ngapaling ayat-ayat pendek, biasanya aku mengingat versi arabnya :D

    semangaaattt. ga ada kata terlambat buat belajar kok. better late than never kan? ;)

    ReplyDelete
  17. whaaha, gimana kalo aku yang moto dirimu aja fen sambil ngaji?...

    emang sih kalo kita dah biasa apalan dan dekat dengan budaya ngaji kadang itu mempermudah kita dalam berproses. semoga ramadhan ini kita bisa hapal satu demi satu ayat ya. syukur2 kalo bisa memahaminya dan mengkajinya

    ReplyDelete
  18. Bukankah segala sesuatu itu dilihat dari niatnya. Mampir lagi nih mba, setelah lama tidak mampir kesini!

    ReplyDelete
  19. @aprie : he eh, insyaAllah, sekarang lagi nyari2 lagi, ternyata punya bokap ilang entah kemana, hahaha

    @ciwir : hehehe, sama ya mas :)

    @uthie : wah inget2 versi arabnya ?? keren, aku malah latinnya :p

    @antown : boleh, kapan tuh ?? hehehehe, amiieenn :D

    @ciput : iya niat :) welcome back then :D

    ReplyDelete
  20. Beuh.. klo aku emang cuman hafal surat pendek yg sejuta umat doank.
    MP3 kyknya ide bagus jg tuh, jd kyk ngafalin lagu... sering di denger jd afal hehee...

    ReplyDelete
  21. hehehe.. kita sama sis.. kalo bulan Ramadhan saya suka ngerasa betapa sedikitnya surat pendek yg saya apal.. udah pendek banyak yang ga apal pulak..

    ReplyDelete
  22. uuu...yeah.
    bener-bener. Harusnya nyentuh nh ceritanya. Tapi kok ngeliat foto mbak-mbak ngaji itu.
    jadi mirip aku yo..?
    uhuhuhuhu...

    ReplyDelete
  23. Saya jadi ingat, dulu saya tidak lancar mengaji. Walaupun saat itu saya sudah duduk di kelas 3 SMA :)

    Tapi satu hal yang membuat saya terus berusaha untuk belajar mengaji secara rutin (autodidak) adalah karena sebuah hadist yang isinya kurang lebih menyatakan bahwa Orang yang membaca Al Quran dengan tersendat-sendat (tidak lancar), pahalanya 2 kali lipat dari orang yang membaca Al Quran dengan sangat fasih, jika orang tersebut rutin membaca Al Quran.

    Jadi semangat deh, belajar baca Al Quran :)

    ReplyDelete
  24. wah, bener jenk, dengerin mp3 yang isinya bacaan Alqur'an. Kalo udah biasa ngaji, trus dengerin di mp3, lama-lama jadi hafal kok..
    Saya punya Alqur'an digital yg bisa didengar, dibaca, dan ada terjemahannya.. tapi gimana share-nya yaa?
    Keep trying yak!

    ReplyDelete
  25. aku jg paling susaaaaaahhh banget ngafal. dulu 6 tahun di Madrasah jg masalah terbesarku itu : hafal menghafal ayat. untungnya kalo sholat berjamaah sama Papa, beliau suka baca ayatnya kenceng2. jd lumayan cepet deh ngafalnya... :P

    ReplyDelete
  26. Metode penghafalan yang bagus tu mbak..
    perlu di tiru kayane.. :)

    ReplyDelete
  27. hehe... sama fent. hafalanku juga sejuta umat banget...

    ReplyDelete
  28. hehehe.. dulu pas SMA sempet apal 20an lebih surat pendek.. soalnya ada ujian praktek ngafal surat2 pendek.. hehe :p

    skr? byuh.. cuma beberapa surat yg lumayan panjang yg masih hafal.. gara2 terawih ini juga aku mulai menghafal lagi.. kenapa?? kalu masuk sore aku trawih sendiri.. jadi mau gak mau dna harus mau, ngafalin surat2.. biar gak bosen.. masak dari awal sampe akhir suratnya itu2 aja.. gak lucu kan? hehehe

    ReplyDelete
  29. aku juga belum hafal semua... Doa sebagai media niatan sebagai kesempatan

    ReplyDelete
  30. @mila_said : hahaha, makanya mill, mumpung ramadhan perbanyak belajar, sekalian di shalat tarawih :D

    @chrysanti : hahahahaha, bangeett :D

    @notxa : halah, nor nor ...

    @hilman : oh ya ? aku baru tau tuh :D

    @ethie : gak pa2 aku punya kok :)

    @juminten : tos, jum, samaa ...

    @sang bayang : :)

    @latree : hihihi, masa sih ? kaya'nya mbak latree oke neh ngajinya :D

    @kacrut : alasanmu kok podho ambek aku, crut, hahahaha, emang gak lucu, juga memang seharusnya beda-beda :D

    @plendhus : maksudnya apa ya tuh :p

    ReplyDelete
  31. Nicely done Fen, something hard for me to do it...

    ReplyDelete
  32. konsepnya sih sama juga kalo kita main musik, menghafal lewat mendengar lebih cepat paham daripada cuma baca not balok. tapi.... kadang apa yang kita benar belum tentu benar, kadang nadanya salah, nah kalo dalam Quran kalo salah pelafalan, penekanan, pembacaan tanda baca kan bisa berbeda artinya :D

    ReplyDelete
  33. Saya dukung disini ya, ^_^...V salam D3pd

    ReplyDelete
  34. ah fen, elu masih mending kelas 3 sd mulai kenal ngaji. Gua baru bener2 kenal iqro waktu kelas 3 sma itu juga karena ada ebta agama, kudu bisa baca qur'an. akhirnya bisa ^^. even masih belom bisa ngikutin baca yasinan bareng2. kalo udah bareng2 gitu, gua mendingan diem baca artinya ajah :D

    ReplyDelete
  35. Sampai sekarang pun saya terus belajar menghafal Alquran kendati juz'amma aja belum kelar2 dihafal T_T Mari belajar menghafal....

    ReplyDelete
  36. klo gtiu sy jg mau minta mp3 gitu ah..hehehe

    ReplyDelete
  37. aku biyen untungne tau madrasah, dadi yo apal akeh surat-surat. Trus sekolah smp ku ning MTsN, dadi semakin santrilah diriku..

    tapi seiring dengan perkembangan usia, semakin nakal dan bandellah diriku...

    hohoho...

    ReplyDelete
  38. @raffael : kembali kelas 3 SD mas kalo nicely done :p

    @taktiku : itu doang :p

    @ipied : iya itu loh yang ribet, pelafalannya :( takut salah sebenernya

    @dykapede : hehehe, makasih :)

    @quinie : hahahaha, sama kok tu, aku SMA aja juga masih belibet, EBTA aku gak asik, disuruh baca Wa Syamsi aja aku gak lancar :( tapi kalo ini gak ada siaran ulang

    @bang aswi : mariii :)

    @sarahtidaksendiri : hahaha, mariii

    @ndop : halah, tapi aku yakin kamu bisa :)

    ReplyDelete
  39. Ternyata, tambah tua tambah susah menghapal ayat-ayat Al-Qur'an, jadi nyesel dulu pas waktu masih giat-giatnya baca Iqro' di TPA males banget menghapal Juzz Amma...

    I think that's all, thank you

    ReplyDelete
  40. Oohhhh, itu fotonya Siti Nurhaliza... kirain fotonya..... hehehehe...

    ReplyDelete
  41. bener mbak, jadinya kyk ngfal lagu...
    klu ngfal lagu kn cepet ntu...

    ReplyDelete
  42. fennnnn aku mau dong mp3nya untuk menghapal juga :)

    *mudah2an berhasil post comment* bismillah..

    ReplyDelete
  43. hapalan surat?? wah jadi tugas buat ujian sekolah besok... huhuhu

    *jadi canggung udah lama ndak ngeblog ma komen disini... hehehe*

    ReplyDelete
  44. saya juga, saya juga..
    dan ternyata lebih gampang ngapal surat pas masih SD lho.. huhu

    ReplyDelete
  45. @yudik : tapi melalui bahasa yang kita aware :p

    @mustikasari : hehehe, bisa kok jeng :)

    @aziz : where have you been, my lil bro ... ayo belajar biar lulus :D

    @isez : benerr ... otak masih fresh :D

    ReplyDelete
  46. SubhanaAllah tetap berusaha terus

    ReplyDelete
  47. pengalaman mengasyikkan saat pindah kota ya..
    saya juga punya pengalaman saat SD.. emm :D

    ReplyDelete
  48. pinjem foto orang malay xixixi :P

    ReplyDelete
  49. kaaan.... udah rekam aja suaranya bapake mbak, dibuat mp3 habis gitu di share. Oh ya, coba buka http://chethstudios.blogspot.com/2008/12/big-social-bookmarking-icon-widget-for.html untuk social bookmark ditaruh d blogger

    ReplyDelete
  50. dulu, waktu kecil aku gampang hapal surat2, kemana2 bawaannya juz'amma..tp karena banyak yg ga dipake buat shalat, alhasil skrg udah banyak yg lupa :( dan giliran mau ngapalin lagi, kok jadi agak susah ya :D

    ReplyDelete
  51. wah Siti Nurhaliza... beliau ayu ya pake jilbab...

    btw, berarti faktor utama punya anak bisa hafal Al-quran itu ortunya ya mba.

    Kayak Husein Thabathaba'i anak termuda yang hafal Al-Quran karena memang ortunya juga memang hafal.

    ReplyDelete
  52. kapan2 pingin moto kamu ngaji ah. pake baju yg merah kemaren itu bagus kayaknya. aku punya alquran yg bagus juga buat difoto :D

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...