Friday, July 3, 2009

Did I had a brain damage ?

Kemarin saya membaca sebuah artikel di sebuah koran tentang kebiasaan-kebiasaan apa yang membuat otak kita bisa rusak. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bagi saya pribadi adalah hal yang lumrah, tapi akibatnya, wuw agak menyeramkan.
Nih, saya share untuk yang belum sempat membaca.

Kebiasaan yang bisa merusak otak :

1. Tidak Sarapan

Tanpa Sarapan, kadar gula darah kita lebih rendah dari batas normal. Ini menyebabkan asupan nutrisi pada otak terganggu hingga mengakibatkan degenerasi otak.
>> Hihihi, saya selalu sarapan, at least jam 10-11 itu batas paling siang, eh itu brunch ya ? soal

2. Terlalu banyak makan
Makan berlebihan hingga menyebabkan pengerasan pembuluh darah otak. Hal ini bisa berujung pada penurunan kekuatan mental.
>> Wik, bisa gila ya kalo kebanyakan makan, ck ck ck penat

3. Merokok
Merokok menyebabkan pengerutan otak yang akhirnya memicu Alzheimer.
>> Ternyata merokok bukan saja membuat kanker paru-paru. Untunglah saya tidak merokok. Kalian ? topi

4. Konsumsi gula berlebihan
Tidak hanya menyebabkan diabetes, mengonsumsi gula secara berlebihan akan menghalangi penyerapan protein dan nutrisi. Ini berakibat pada kekurangan gizi dan mengganggu perkembangan otak.
>> That's why, jangan terlalu memanjakan anak dengan permen dan es krim sengihnampakgigi *ooh, sweetest sin*

5. Polusi udara
Otak merupakan pengguna sebagian besar oksigen yang kita hirup. Menghirup udara yang terkena polusi mengurangi pasokan oksigen dalam otak.
>> Sering-sering aja menggunakan masker.

6. Kurang tidur
Tidak memberi kesempatan otak kita untuk beristirahat. Kurang tidur yang berkepanjangan akan mempercepat kematian sel otak.
>> Uhm, gitu ya ... uhm, speechless xpasti

7. Menutup kepala saat tidur
Tidur dengan kepala tertutup meningkatkan konsentrasi karbon dioksida dan mengurangi konsentrasi oksigen. Ini bisa berdampak pada kerusakan otak.
>> Padahal saya tidak bisa tidur kalau telinga saya tidak tertutup guling adus apa ini yang menyebabkan saya kurang konsentrasi dalam mengerjakan banyak hal ??

8. Memeras otak saat sakit
Bekerja atau belajar keras saat sakit bisa menyebabkan penurunan efektivitas kerja otak dan merusaknya sekaligus.
>> Hayoo, yang sakit, istirahat dulu, gak udah diforsir ...

9. Kurang rangsangan terhadap otak
Berpikir merupakan cara terbaik merangsang kerja otak. Tanpa dirangsang, lama kelamaan otak bisa mengerut.
>> Lah kalau saya ini tipe orang yang mikir terus, tapi gak bisa positive thingking, itu bisa mengerut gak ya otak kita ?? garupale

10. Tak banyak bicara
Pembicaraan cerdas akan meningkatkan efisiensi otak. Jadi, jangan biarkan otak kita menjadi malas agar tidak rusak.
>> Beruntunglah orang-orang yang cerewet macam mbak Tyka, hahahaha. Jadi cerewet itu sehat ?? betul begitu ?? gelakguling

Dari ke 10 itu, 60-70% diantaranya adalah kebiasaan saya. Jadi saya ini punya kans kena kerusakan otak dung ?? nangih


How about you ?



Article taken from X-tra life, Surya, Saturday, May 16, 2009
Picture taken from gettyimages.com


I think that's all, thank you

48 comments:

  1. 1.
    3.
    6.

    =))
    dah habbit..
    klo 1 masih mnding dech yg parah beud ma yg 6..
    tpi ttb stay cool kuk mbak..
    *pede gilak*
    (tongue)

    ReplyDelete
  2. Ah, ini kan cuma penelitian ilmiah saja, statistik tidak selalu benar kok :p *ngeles

    ReplyDelete
  3. Yang penting jangan sampai kekurangan supply gula dan oksigen

    ReplyDelete
  4. 2 = Terlalu banyak makan
    10 = Tak banyak bicara

    aku terlalu banyak makan dan terlalu banyak bicara :))

    ReplyDelete
  5. waduh yang no 6,, saia tuh belakangan ini..

    ReplyDelete
  6. diriku yakin ndak kena brain damage
    why? coz i have no brain :P

    ReplyDelete
  7. eh kalo kepruk kepruk kursinya plurk ke kepala gitu nggak bikin otak rusak kan ya? (unsure)

    ReplyDelete
  8. Untung saya ga pendiem-pendiem amat... :D

    ReplyDelete
  9. Wah Fen,
    semua ciri itu sebagian besar ya aku jalani juga... kayak tidak sarapan, ato kadang makan terlalu banyak...
    hueeee pantas aja skrg suka error... udah mulai rusak ni otak kali :D

    ReplyDelete
  10. makasih informasinya mba...salam D3pd...^_^...V

    ReplyDelete
  11. moga2 dengan banyak ngoceh bisa memperbaiki otak :D

    ReplyDelete
  12. Yang laen enggak masalah karena aku adalah anak yang baik *halaah* aku anak yang tidak perokok dan juga sering sarapan serta tidur cukup tapi kenapa yaa otak aku masih juga dodol..aaah aku tau kreteria yang nomer 2 itu yang enggak bisa lepas dari hidup aku karena setiap sarapan aku makan satu wakul hehehehe

    ReplyDelete
  13. yang nomer 5. gak bisa di kontrol lah tiap hari naik angkot dan bis dengan segala polusinya sih... jadi serba salah deh...

    ReplyDelete
  14. waduh... beneran terlalu banyak makan juga ada disitu??! buru2 dietttt

    ReplyDelete
  15. Terlalu banyak makan, konsumsi gula berlebihan, dan kurang tidur... oh tidak semua ini gw semua...

    ReplyDelete
  16. Saya nggak banyak bicara kalo lagi ngamuk. Jadi ngamuk bikin otak rusak ya?

    ReplyDelete
  17. Nomor satu itu terlalu berlebihan. Sarapan malah bikin ngantuk, gak bisa konsentrasi pas kerja, soalnya aliran darah lebih banyak ke perut daripada ke otak. :D

    ReplyDelete
  18. wew... baru tau klo bicara itu bisa memperlancar aktivitas otak, sehingga mengurangi kerusakan :)
    wah jd klo ce cerewt itu tandanya cerdas yak :D

    ReplyDelete
  19. 1, 5, dan 8. itu kebiasaanku .... smoga otakku tidak rusak krn itu :) btw, headernya masih ilang ya?

    ReplyDelete
  20. nah kalo soal polusi udara itu gak bisa ditolerir.. tentu tiap hari ketemu ama polusi udara.. akibatnya otak mepet :D

    ReplyDelete
  21. Hahahaha..
    dasar semua orang punya kelebihan sama kekurangan..
    kayak orang yang cerewet..
    iya kan Mbak...
    ehehehehehe..
    salam kenal aea dari Napi..

    ReplyDelete
  22. Mungkin saya memang perlu istirahat sejenak. Salam kenal.

    ReplyDelete
  23. waduh..
    saya punya kans dunk..
    hiks..

    ReplyDelete
  24. Pantas saja sepertinya ada yang kurang peka dengan otakku, akhir2 ini jadi malas

    ReplyDelete
  25. haduw fent kok serem,,aq masuk yg gag pnh sarapan, doyang bgdang,,untungnya aq cerewet,,jd point terakhir aq selamat..ehehhehe

    ReplyDelete
  26. omaigat :-O

    saya banyak bener ituh... nomer 1, 5, 6, 8...

    berarti sekarang harus segera mengurangi yang jelek2... dan hidup lebih sehat...

    *ngomong aja terus dit, paling juga gag dilakuin*

    (okok)

    ReplyDelete
  27. oh, iya... kok ya saya ndak bisa ngeliat header baru mu toh... :((

    ReplyDelete
  28. @chemud : kurangi rokoknya, nduk, hahahaha

    @galihsatria : iya bos, tapi lebih baik kan dihindari

    @ajengkol : yup, kalo oksigen udah mati dari dulu2 dong (doh)

    @nuuii : mbak, salah persepsi kah ? memang harus banyak bicara supaya otaknya gak rusak, hahaha

    @emfajar : it's everybody's problem

    @cebong : wik, jalan jalan nang endi otakmu ??

    @fahmi! : tergantung kalau itu dilakukan di dunia waras, hahahaha

    @asopusitemus : bagus lah :)

    @goenrock : oh ya ? tapi perasaan keliatan kurus aja tuh mas, hahaha

    @zee : like I said before, it's everybody's problem :D

    @dykapede : sama2 :)

    @puput : he eh :)

    @hamster copo : kurang dipertajam kali obrolannya :)

    @ipied : pake masker :p kaya' alm jacko :D

    @sheilla : idem sama emfajar dan mbak zee :D

    @vicky : setujuu ... lah mbak vicky kan dokter, pendapat mbak pribadi apa ??

    @andri : lah makannya jangan banyak2 atuh

    @afwan : iya makanya cari cewek cerewet aja, hahaha

    @pinkparis : iyah headernya masih ilang :(

    @coffeeoriental : iyah :D

    @nafi : iyah :)

    @arie d axel : salam kenal juga :)

    @aprie : hehehe, idem sama sheilla

    @hanifarrul : hehehe, jangan jadiin alasan

    @anonymous : ini sapa ?

    @dita.gigi : hahaha, harus bu dokter :D eh iya nih, headerku belum keliatan juga kapan ya munculnya >,<

    ReplyDelete
  29. untung gw cerewet.... otak gw aman...

    ReplyDelete
  30. biasakan hidup sehat..tp yg g bs itu saya selalu tidur malam fen =.= arghhh

    ReplyDelete
  31. Lho... kata orang bijak, silent is golden, tapi malah jadi pemicu kerusakan otak yah :D

    ReplyDelete
  32. wooooohhhh jadi nggak bobo bs ngerusak otak.. uhuuuuuuu pantes!

    ReplyDelete
  33. Wah... info penting... memang semua itu berprinsip jangan kekurangan dan jangan berlebihan...apa saja itu... See you..!!

    ReplyDelete
  34. ngeri, kebiasaan sehari2 ternyata banyak yg berbahaya

    ReplyDelete
  35. ooo jadi kalo malas tuh dapat merusak otak ya, wah gawat tuh bagi yang malas mandi bisa rusak otaknya.....hehehehh :D

    ReplyDelete
  36. hayah, no 3 & 6 ampunn dah...
    btw brapa % neh tingkat kepercayaan penelitian ini?
    hehehe... mo siap2 neh
    c u...

    ReplyDelete
  37. Wah kudu sering2 nutup mulut dong ya?

    *tutup mulut*

    Huhu...tapi aku senang bicara ;D

    ReplyDelete
  38. Aku sih ngga segitunya Fen, hehehehe

    ReplyDelete
  39. serem juga nih akibat kurang tidur, kl lagi susah tidur gmn dunk??

    ReplyDelete
  40. wah saya orangnya gak banyak bicara nih...

    ReplyDelete
  41. cuma no 2, 3, dan 9 yang tidak saya lakukan... 70% otak saya rusak donk :D

    ReplyDelete
  42. kalo aku bermasalah di 2,4,5.

    dan benar katamu, orang2 cerewet macam aku ini emang terselamatkan ya? apalagi sebagai guru [dimana harus sering memeras otak = no 9], aku ini dibayar emang untuk banyak bicara ;))

    ReplyDelete
  43. Waduh, kauaknya aku termasuk diantara salah satu diatas, yang masalah tidur itu, saya sering tidur dengan trtutup selimut semuanya, karena saya kurang bisa tidur jika tidak tertutup?? tapi terima kasih ya sudah kasih informsi, kalo masalah polusi, daerah saya kampung, jadi polusinya cuma dikit, masih banyak pepohonan!
    ayo kita cegah kerusakan otak kita yang ternyata disebabkan oleh yang sepele!
    Stop
    Dreaming Start Action

    ReplyDelete
  44. @ichanx : tapi lo ngerokok, so just be careful

    @ericova : sama :p

    @jiewa : hahahaha, tergantung keadaan kali ya, jie

    @ayu mamisinga : hahahaha

    @agoesman : bener banget :D

    @zam.web.id : yup

    @putrago : lah iya lah

    @faza : siap2 apa ?? siap2 sembuh ??

    @afrie : loh orang yang bicara itu malah lebih sehat, gimana toh ?

    @raffael : iya iya, mas raffael kan cerdas, bgitu bukan ??

    @rachmat : hahaha, ya gak pa2 namanya juga penelitian, gak perlu dipercaya cuma perlu diperhatikan :D

    @balisugar : harus belajar bicara :D

    @sheilla : oke, mampir, tanpa komentar, hahahaha

    @kenji : ehm ... entah ya :p

    @ndutyke : aku seharusnya jadi dosen sekarang :((

    @iklangratis : terima kasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  45. wakss.. seram bgt yah. hal kecil kyk terlalu keras tekan kepala saat sakit,jg bisa berdampak ke otak =( hikss.. sering ak

    ReplyDelete
  46. waduh ternyata kayak gitu ya...

    salam kenal..

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...