Friday, April 10, 2009

Next time, read the manual carefully ...

Ternyata banyak orang yang bilang tahun ini pemilu agak ribet, ternyata terbukti dari penghitungan surat suaranya around

Oh iya, saya mendapatkan kesempatan untuk membantu kinerja KPPS daerah tempat saya kali ini, cuma untuk nulis-nulis berita acara sih, tapi lumayan capek juga, untung saksinya hanya 8 orang dari partai berbeda. Jadi nulisnya nggak banyak-banyak.
Yaah, itung-itung pengalaman peace

Sebenarnya saya baru nyadar kalau kita itu mencontreng 4 surat suara berbeda, dari DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD *saya sebutkan dilhat dari warnanya juga*
Hah! maaf karena saya malas membaca berita, hahahaha ...
Yang saya tau hanya bagaimana mencontrengnya dan kita hanya mencontreng 2 surat suara, DPR dan DPD, saya pikir tadinya begitu.

Oh iya, soal contreng-mencontreng, kemaren di TPS tempat saya memilih ada sesuatu yang rancu pada penghitungan surat suaranya. Dan setelah saya membaca buku manualnya, ternyata bapak-bapak yang menghitung suara tersebut salah menuliskannya di formulir yang gede itu.
Jadi begini, saya ilustrasikan deh nerd


Banyak yang melakukan cara pemilihan nomer (1), padahal cara pencontrengan itu nilai yang didapat berarti sama dengan gambar (2). Memilih partai dan memilih calegnya. Nah karena beberapa pengurus RT kami tersebut awam dengan sah tidak sah-nya sebuah surat suara, akhirnya ketua kami mengambil kesimpulan sendiri, itupun juga diketahui saksi.
Jadi setiap ada yang memilih caleg SAJA (2), partai juga disebutkan, kalau ada yang mencentang 2 kali seperti gambar (1) apalagi, langsung dua-duanya disebutkan.

Wah, jadi membelendung dong perolehan suaranya? Dari awal saya sudah tidak yakin dengan cara penulisan yang seperti itu di formulir yang besar tersebut. Apalagi karena saya harus menuliskannya di berita acara.
Tapi karena sudah tiga macam surat suara dibuat model seperti itu akhirnya saya mengikuti sembah

Setelah saya baca buku manualnya, saya semakin yakin itu salah, tapi karena di sini saya hanya mendampingi dan tidak ikut menjadi anggota beneran, saya nggak mau bikin geger. Karena kalau dicontreng seperti gambar (1), yang terpilih hanya calegnya saja, partai tidak disebutkan.
Yah akhirnya-lah setelah sampai di Kelurahan itu formulir harus diganti.
Untungnya memang jumlah partai yang disebutkan sama dengan jumlah totalnya. Jadi tinggal mengubah letak dan menghitung perolehan caleg saja senyumkenyit

Alhamdulillah juga nggak sampai penghitungan ulang, bayangkan selesai jam berapa itu, fiuuhh... saya saja di kelurahan sampai jam 10 malam *bahkan setelah itu harus membantu TPS sebelah karena butuh bantuan* penat

So the bottom line, read the manual first ... baru memutuskan sesuatu nerd

Eh tapi jadi wondering kalau ada yang memilih dengan cara gambar nomer (3) itu sah nggak ya? di buku manual nggak ada soalnya *walaupun intinya kan mencontreng kotak dari partai tersebut* ... dan para anggota KPPS dan saksi memutuskan itu tidak sah, bener ya ?? fikir




I think that's all, thank you

30 comments:

  1. emang gak sah fen.. kalu ygkayak nomoer3 itu.. huehuehue

    eh pertamax gak yah??

    ReplyDelete
  2. gambar no 3 sepertinya salah TANTE....., mungkin cara nyontreng DPD....

    KERJA RODI sepertinya jadi KPPS (doh), pikir-pikir dulu kalau diajak..........

    ReplyDelete
  3. iya setujuh, cara contreng nomor 3, ga sahhh

    ReplyDelete
  4. wes gpp aku ga isok nyontreng. sing penting partaiku sementara ini posisi ke-4 nasional, haha...

    ReplyDelete
  5. ehm kok form caleg kamu begitu menggiurkan fen? hahaha...

    ReplyDelete
  6. iye laen kali tu baca huehehe wis terlalu keburu napsu seh pengen nyontreng hehehe kalo gak doyan baca piye, malesss:p

    ReplyDelete
  7. waduh, tadi komen gak masuk ternyata....

    aku sih milihnya yang pake cara nomor 2... dan yang paling penting, jangan cium bau tinta pemilu, sumpah, gak enak buanget, pertama kali milih, eh, pertama kali juga nyium bau tinta kayak gitu, setauku bau tinta spidol kan enak....

    ReplyDelete
  8. @kacrut : bener berarti :) iyoo ... pertamax kok

    @luxsman kumara : hahahaha, tapi pengalaman loh man

    @Quinie : ehm berarti bener

    @tyka : hehehehe, ternyata emang bener mbak :D, soalnya aku bingung antara nomer urut partai dan nomer urut di pendapatan suara

    @Enno : lah iya dong, gambar nomer 2, aku akan selalu milih Edward Norton, hihihihi ...

    @Wendy : bukan yang nyontreng mbak Wendy, tapi KPPSnya, kalau yang nyontreng mah hak masing2 untuk cara pencontrengannya :)

    @aziz : ihhiiiyyy ... pertama kali ikut pemilu reeek ... langsung nyontreng, bukan nyoblos, hahahahaha ...

    ReplyDelete
  9. aq mpe ditegur ma petugasnya gara-gara kelamaan nentuin nyontreng yang mana..hehehe

    ReplyDelete
  10. saya ga ngerti..
    lha wong saya ga milih hehehe...

    betewe rasa penasaranmu kaya terjawab hari ini

    ReplyDelete
  11. Memang betul, mereka ngga studi banding soalnya ke negara negara demokrasi tempat lain

    ReplyDelete
  12. Duh sebel jg saya bacanya ini.
    Soalnya ga apdet Fen.
    Kemarin kita ga dapat undangan... kurang ajar ga sih? Tanya ke RT, RT nya lepas tangan, katanya dia juga ga tau... huh!
    Klo mo pake ktp, harus antri dulu sampe undangan kelar... sementara pesawat ke lomboknya jam 11... hiks!

    ReplyDelete
  13. waduuuhh... bacanya aja aku udh bingung, mbak.
    hihihi... maklum, ga ikut pemilu kemarin. hix...

    ReplyDelete
  14. kayanya yg nomer 3 itu jadinya yg kepilih nama partai yg bersangkutan kali yah mbak? :-?

    aku sendiri jd ga sempet milih,
    gara2nya namaku belum kedaftar di Riau :(
    pdhl di kosan aku udah kedaftar dan kartu pemilihnya udah ada, eh, malah ga bs nyontreng di sana :((

    btw, digaji brapa mbak? :P
    kata papaku yg dibagian anggaran, dibayarnya lumayan yah buat ngurusin gituan? ;))

    ReplyDelete
  15. ya yang penting kerja yang bener ajalah.. :lol:

    ReplyDelete
  16. eh btw kenapa sekarang pake aturan contreng ya? emangnya cara coblos kayak yg dulu ada kelemahannya kah?

    ReplyDelete
  17. dapat berapa fen? hihi... makan-makan...

    ReplyDelete
  18. Ribet juga yak cara mencontreng suara yang sah!

    Kapan ya Indonesia pake cara KLIK, bukan coblos atau contreng... Kan lebih efisien tuh kayaknya.. Hehe... :)

    ReplyDelete
  19. wah, mbulet suket gitu ya aturannya. untung aku gak ikutan, hehehe ....

    ReplyDelete
  20. @risdania : hahahaha, untungnya aku udah tau mana yang kupilih, paling pojok kanan atas, hahahahaha

    @aprie : halah halah

    @raffael : walaupun studi banding kalo gak ada biaya juga repot mas rafael ... :p

    @zee : aduuh :( kesian, sama kaya' mbak tyka ... bukannya bisa nyontreng di bandara ya ?? asal punya formulir A5 sih

    @nieke : maksud dari pencontreng begitu, tapi kaya'nya emang gak sah deh

    @wayan : hahahaha, iyah

    @fahmi! : gak keliatan mungkin ya, selain itu katanya membudayakan tulis menulis gitu :p

    @sharon : dapet ... tuh buat beli parfummu, hahahahaha

    @gie : biaya dan budaya, itu yang dilihat dari Indonesia

    @pinkparis : haduh, para blogger ini pada gak nyontreng ... :(

    ReplyDelete
  21. contrengan gw sesuai yang nomor 1!!! pasti sah!!! *bangga*

    ReplyDelete
  22. btw ,
    uda ada hasilna blm c ,
    sapa" ajj yg unggul ?
    *shaa gga nyimakk britaa :))

    ReplyDelete
  23. aku sama sekali gak berpartisipasi sama pesta demokrasi kemaren
    :(

    ReplyDelete
  24. Ibu aku yang jadi ketua KPPS baru pulang jam 1 malam kemaren... bener2 sebuah pengabdian. Udah honor tak seberapa, tanggung jawabnya berat banget, salah dikit masuk penjara :(

    ReplyDelete
  25. weleh masih musim ta contreng mencontreng ... xixixi

    ReplyDelete
  26. Terlaaa..lu..." kata Bung Rhoma.. :D," abiznya Pemilu 2009 ini Amburadul abiz.. banyak yg Protes lah..Surat Pemilu Ketukar lah.. Kecurangan di TPS lah.. Politic Money lah.. Kira-kira ..gimana kalo di adain Pemilu Ulang.. ? Setuju ga Fen..?

    ReplyDelete
  27. gak nyontreng....gak diundang and gak terdaftar!!!

    ReplyDelete
  28. Hihihihi... ikut nulis berita acara dapet honor gak Fen? :D

    ReplyDelete
  29. @anto84 : what's up ? pusing ?

    @sHaa : eh telat gak ya kalo aku ngasih bocoran ??? hahahaa

    @Rusa bawean : wah sayang :(

    @galihsatria : iya tuh lih, agak2 nyeremin :(

    @arai : begitulah

    @blogger jakarta : haduuuh, yang penting bayarannya dua kali lipet deh :p

    @novnov : :(

    @panda : dapet dong, tapi gak seberapa :p

    ReplyDelete

MARI-MARI SILAHKAN BERKOMENTAR, GAK BAKALAN RUGI KOK, CUMA TINGGAL COMMENT DOANG ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...