Wednesday, December 31, 2008

Annual things ...

Ini mungkin bakal jadi kegiatan annual saya, setelah tahun lalu saya membuat wishlist yang sepertinya beberapa terwujud, Alhamdulillah

Jadi apa ya yang saya harapkan tahun 2009 ini ?

1. Saya mau jadi Master beneran *weeh ... master shifu bu?? wakakakakkak* kagak ... Jadi Master Manajemen Teknologi, alias MMT, alias lulus dari sekolah saya yang S2 yang sudah saya jalani hampir 2 tahun itu.
Fiiuh cepet sekali waktu berlalu ... *iya cepet banget, tapi seharusnya dibarengi dengan persiapan tesis neh*
2. Pengen punya gaji monthly alias get a Job ... paling enggak jadi dosen atau mungkin PNS atau paling enggak .... ya paling enggak yang bisa buat Ibu saya relieved deh ...

3. Pengen ... ehm ... mencoba untuk serius ... dengan hubungan yang telah ada, serius ke jenjang selanjutnya?? hmm ... maybe ? I don't know, ada yang bisa jawab ? ...

4. Ini yang saya akan selalu saya harapkan setiap tahun ... Melihat keluarga saya bahagiaaaa terus. Gak mau terjadi yang aneh-aneh, gak mau terjadi yang buruk-buruk ... Semoga selalu disayangin Allah SWT, Amiienn ..

Yuk mari, sekarang ikut do'a bareng saya ya ...
And anyway ... HAPPY NEW YEAR 1430 H and 2009 M !!!!!

Sunday, December 28, 2008

Oleh-oleh dari Kalimantan Timur [3-Last]

Hehehehe, gak pernah nih cerita liburan sampe 3 postingan, agak gak penting sih, tapi timbang nggak ada update cerita
Hari terakhir saya di Kalimantan, saya sempatkan untuk mampir sejenak ke Stadiun Utama Kaltim, tempat PON 2008 kemaren digelar.
Stadiun ini memang baru dibuat dan KHUSUS untuk PON 2008 kemaren, bayangin, sampe ngeruk gunung untuk membangun tempat ini. Itu rawan longsor loh ...
Ck ck ck ...
Sepanjang perjalanan menuju ke Balikpapan, *iya ... kalau mau pulang ke Surabaya, harus ke Balikpapan dulu, karena Bandara besarnya ada di sana* saya melihat pemandangan bukit-bukit yang lebih sering terlihat bertanah.
Iya karena setengahnya sudah dipapras untuk mencari batu bara *wonders, emang gak habis-habis ya?*
Selain itu, juga banyak jalan yang rusak karena longsor, padahal jalan Samarinda-Balikpapan itu gak lurus, berkelak-kelok dan juga naik turun, seperti postingan saya sebelumnya tuh.
Disana itu jalannya kaya' Roller Coaster, jadi bagi yang 'mabuk'an' seperti saya, mending persiapin diri deh, hehehehe.
Dan juga hati-hati, kalau memakai kendaraan pribadi, gak perlu ngebut2. Soalnya sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi, nggak mau menambahkan kan ??

Saat mencapai Balikpapan, kami menyempatkan diri untuk mampir sejenak ke sebelah Balikpapan Centre jadi ceritanya Balikpapan itu kan pas banget di sebelah laut. BC, salah satu mall yang ada di sana kebetulan di sebelah laut, mampirlah kami kesana.
Nggak bisa dikatakan pemandangan yang indah dengan pantai, pohon kelapa, pasir putih dan sebagainya sih. Tapi lumayan lah liat pemandangan laut yang luas gituh :D.

Hmm ... at last, saya mesti pulang ke Surabaya, walaupun cuma 4 hari menyenangkan sekali ...
Semoga bisa liburan lagi suatu saat ...

Foto lengkapnya bisa dilihat di Multiply saya ...

So how's your trip, guys ???

Thursday, December 25, 2008

Oleh-oleh dari Kalimantan Timur [2]

Melanjutkan dari postingan di bawah, hari Minggunya kami menyempatkan diri untuk pergi ke tiga tempat yang searah.
Bagi orang yang tinggal di Samarinda sih katanya Kebun Raya Samarinda dan Air Terjun Tanah Merah itu memang nggak oke-oke banget. Saya sih ngeliatnya karena lahannya tidak terlalu dirawat dan tidak adanya pengembangan tersendiri dari sektor pariwisata di sekitaran Samarinda. Sayang, padahal sebenarnya cukup bagus *kalau dikembangkan dengan baik*

Anyway, tujuan awal kami sebenarnya ke Pampang, tapi setelah kesana dan disebutkan bahwa acaranya adanya hanya pukul 14.00 WITA, akhirnyalah kami balik kucing ke Air Terjun Tanah Merah dulu.
Hmm, entah karena emang tanahnya merah, atau airnya seperti berlumpur. Air di sungainya sendiri bewarna kecoklatan, saya awalnya sih berpikir kalau airnya kotor, tapi setelah dipikir lagi, mungkin karena itu diberi judul Tanah Merah.
Sayangnya sih emang di beberapa sudut banyak sampah yang bertebaran, dan juga banyak muda-mudi bertebaran untuk pacaran mojok dimana-mana, hahahahaa.
Maklum lah, tempatnya sepi ... mana rimbun lagi
Setelah sedikit berfoto2, dan melepaskan pusing *anyway, saya mabok darat tadinya, fiuuhh. Sebal dengan jalanan Samarinda yang naik turun kaya' Roller Coaster ...* akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke Kebun Raya Samarinda untuk sholat Dhuhur disana.
Hmm, selain sholat Dhuhur gak banyak yang kami lakukan disana, ya simplenya sih karena gak banyak atraksi juga disana, selain ATV dan perahu bebek :D
*Kebetulan Kebun Raya itu milik Universitas Mulawarman untuk penelitian tentang hutan, jadi mungkin lebih banyak dipakai penelitian daripada tempat wisata*

Me in front of kolam perahu bebek
Tujuan akhir kami di hari Minggu adalah daerah Pampang.
Ada apa di Pampang ?
Ternyata disana ada pertunjukan tari khas Dayak Kenyah. Selama satu jam 14.00 - 15.00 WITA (ingat! hanya jam itu) kita akan dihibur oleh masyarakat di sana dengan beberapa tarian khas mereka.
Kalau dihitung-hitung terdapat 8 tarian, yang sebenarnya saya nggak tau tepatnya apa saja judulnya, baru tau setelah lihat situs ini.
Tariannya antara lain, Kancet Lasan, Kancet Punan Lettu, Kancet Nyelama Sakai, Tarian Hudog, Tarian Manyam Tali, Tarian Pamung Tawai, Tarian Burung Enggang dan Tarian Leleng. Yang bikin saya amazed sih tarian yang pake tali itu, keren ... bisa ya adek-adek cantik itu tau urutan-urutannya supaya talinya bisa dikelabang dan terbuka dengan mudah ... ahh, butuh latihan bertahun-tahun sepertinya.

Tarian Manyam Tali
Ada satu sih yang bikin saya rada mengernyitkan dahi ... foto sama kepala sukunya yang kupingnya panjang, sekali shot 25 ribu loh ... sekali shot, sekali kesalahan itu diitung sekali shot juga loh. Makanya musti ati2 dan bener2 nanganin kameranya ...

Karena selain kepala suku, anak-anak disana, setelah menari juga sedikit memaksa kami untuk berfoto bersama.
"Tante, foto ya ... foto ya ..."
Ternyata ... setelah kami berfoto sekali dan kesalahan sekali juga, kami dicharge 40 ribu ... 20 ribu per shotnya ... fiuuhh ...

Ini hasil yang kedua ... tau aja kalo ke shot 2 kali, anak2 jaman sekarang, perhitungan banget :(
Tapi ya sudahlah ... itung-itung meningkatkan pariwisata di daerah tersebut.
Lagian gak sering-sering juga kami kesana, hehehehe. Eh, anyway, selain ada pertunjukan kalian bisa juga loh, membeli pernak-pernik khas dayak disana, dari gelang, kalung, topi sampai baju khas Dayak juga bisa didapatkan *bisa ditawar loh*

Sudah sore, akhirnya kami memutuskan untuk pulang ... lagian waktu itu kami belum sempet makan siang juga ... laper ... :D

To be continued ...

Tuesday, December 23, 2008

Oleh-oleh dari Kalimantan Timur [1]

Okay, finally saya sampai juga ke Samarinda (Jum'at) dan kembali pulang ke Surabaya (Senin) dengan selamat. Tujuan utama sih memang mengunjungi kakak saya dan istrinya yang kebetulan berwisuda hari Sabtu kemaren.
Tapi, rugi dong kalau udah jauh-jauh pergi kesana endingnya gak dapet apa-apa :D
Akhirnya saya, kakak saya, istrinya, kakak dari ipar saya dan Ayahnya *yak bingung*, sedikit melakukan trip di daerah sekitaran Samarinda untuk sekedar melepas penat *ciieehh bahasanya*

Ini ketiga kalinya saya mengunjungi kakak saya di sana, mengingat Samarinda sebenarnya bukan kota wisata, memang nggak banyak tempat yang bisa saya kunjungi.
Karena kebetulan wisuda kakak ipar saya telah selesai siang hari, waktu Sabtu kemarin, kami langsung memutuskan untuk pergi ke Tenggarong.

Ki-Ka : Uni Hilma, Me, Uni Susi

Setelah beberapa tahun lalu saya menyempatkan diri pergi ke Tenggarong, akhirnya saya bisa kesana lagi, senangnya :D. Tenggarong itu kira-kira 20 KM dari Samarinda, merupakan kota utama dari Kutai Kartanegara, yang paling terkenal sih pulau Kumala-nya. Tapi berhubung saya males kesana, dan toh disana gak ada apa2nya dan ehm ... agak mahal pula masuknya. Jadi kami tidak melakukan kunjungan ke sana. Tidak banyak yang berubah dari Tenggarong yang saya lihat 3 tahun lalu, hanya saja waktu kemarin kami kesana, sedang banyak orang yang berkumpul, sedang ada apa sih ?

Ternyata ada tradisi Erau (baca:Eroh) yang berlangsung disana. Museum yang dulu pernah saya kunjungi juga ditutup dalam rangka tradisi ini.
Karena memang kebetulan Museum tersebut adalah bekas Keraton Sultan yang lama, jadi digunakan pula sebagai salah satu tempat penyelenggaraan acara.
Tradisi Erau ini seperti apa sih ?
Ehm ... saya nggak jago kalau diminta menulis artikel tentang budaya, jadi saya tulis versi saya aja ya ... sedikit nyantol dari situs terpercaya :D *karena toh saya juga gak tau2 banget, cuma melihat salah satu acaranya*

"Erau itu asalnya dari bahasa Kutai "eroh" yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai, riuh rendah suara tersebut dalam arti: banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajat dan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual, maupun hiburan "
http://erau.kutaikartanegara.com/

Waktu saya sampai ke Tenggarong-pun, sebenarnya saya gak paham juga acaranya apaan aja, bahkan kata Erau-pun baru saya dengar waktu itu :p *payah, gak googling dulu, hehehehe*
Jadi ternyata Erau itu dilaksanakan 2 tahun sekali, sebagai peringatan Ulang tahun kota Tenggarong.
Untuk umumnya diadakan selama seminggu (14 Desember-21 Desember), tapi persiapan-persiapan di dalam keraton sudah dilakukan seminggu sebelumnya. Untuk lebih jelasnya lihat agenda di situs ini aja :D

Karena kebetulan saya datang pada hari Sabtu agak sore-an begitu, saya hanya sempat melihat upacara adat Beluluh Sultan *yang saya lihat sih, Sultannya diberi semacam sesaji, berupa beras bewarna-warni dan didoakan oleh seorang dukun gitu* yang saya lihat loh ya ...
*Awalnya saya pikir malah dukunnya itu Sultannya, aduuuhh maaf ... saya kan gak tau *
Setelah selesai melakukan upacara pada sang Sultan, kemudian beras tersebut dilemparkan kepada para masyarakat di sekitaran keraton *tapi lebih banyak yang berebut, kalau duit sih saya mau berebut :p, ini beras, warna-warni pula jadi saya gak tertarik*
Mungkin artinya berkah kali ya, kan beras merupakan simbol dari kemakmuran :D
Sayangnya cuma upacara itu yang bisa saya lihat, sebenarnya setelah dari museum tersebut, tujuan selanjutnya kami ingin melihat Planetarium ... tapi sayang, jam 16.00 WITA, planetariumnya tutup

Akhirnya kami memutuskan untuk pulang, lagipula Tenggarong mulai macet, dan banyak orang ... bisa-bisa kalau disana terus, pulang ke Samarinda baru bisa malam ... kan capek ....

Tapi saya udah sempetin untuk berfoto di depan Jembatan Tenggarong kok, looks cute huh ?

Next trip ... **Kebun Raya Samarinda - Air Terjun Tanah Merah - Pampang - Balikpapan** dilanjutkan di postingan selanjutnya ya, takut kepanjangan ...
To be continued ...

NB : saya masih upload upload foto di multiply ... hiks koneksi lambat ... jadi lama uploadnya

Tuesday, December 16, 2008

Game "Mencari-cari"

Saya ini orang yang gampang banget keranjingan maen game, tapi kalau sudah tamat, gampang juga bosennya, hehehehe
Seperti sekarang, hmm ... saya gak tau apa nama fitur gamenya ... realarcade, puzzle atau apa ya ?
Saya sebutnya game "mencari-cari" hehehehe ...
Saya sedang punya banyak banget judul dari fitur game ini, dari model detektif-detektifan sampai bulan madu nyari-nyari souvenir.
Bagi penggemar permainan Gamehouse PC mungkin tau
Sebenernya maen game emang gak boleh sering-sering sih, harus inget waktu, tapiiii ... gara-gara maen game ini saya jadi menemukan beberapa perbendaharaan kata bahasa inggris yang saya gak tau loh, cukup mendidik, hahahaha
Selain melatih ingatan dan konsentrasi. Ya iyalah ... bayangin aja, kita diberi daftar barang-barang yang harus dicari di satu layar, tapi gak segampang itu, karena barang yang dimaksud bisa nyelimpet dimana aja.
Contoh gambarnya kaya' gini neh ...


Ayo cari dimana gambar kodoknya ???
Eh kok jadi maen tebak-tebakan, hehehehe
Ya intinya, permainan ini cukup seru menurut saya. Ada 2 game macem ini yang sudah saya tamatkan, antara lain Mystery Case Files Prime Suspect dan Mystery Case Files-Ravenhearst dari tahun 2006 dulu.
Sedikit tips : Kalau lagi laper, udah ngantuk atau lagi migren ... mending gak usah main permainan seperti ini ... bisa tambah rusak tuh otak, pusing dan semakin gak konsen, hahahaha

Ini neh daftar game puzzle yang sedang saya coba tamatkan :
1. Dream Day Honeymoon
2. Little Shop of Treasure
3. Big City Adventure - San Fransisco

Aduh aduh ... semoga gak lupa saya kuliah, eh tapi kan lagi libur, hehehehe *pembenaran*


Saya cuma punya link-link itu sebagai contoh permainannya, kalau ingin lebih jelas jadi googling aja kali ya ?? :p
Sekarang saya mau balik maen lagi ...


Daagghh ...

Sunday, December 7, 2008

Twilight on Suramadu ??

Ah, sok nyambung-nyambungin, walaupun sedikit berhubungan sih kalau saya merasakan sedikit twilight (pergatian suasana langit dari sore ke malam) di Suramadu, anyway ... saya mau review kegiatan 3 hari saya kemaren
Ngapain aja sih ??

Thursday ...
Saya akhirnya nonton Twilight juga, ya seperti yang sudah saya prediksi, tidak akan mungkin sesuai dengan ekspektasi saya.
Antara Robert Pattinson dan Kristen Stewart gak ada chemistry sama sekali, apalagi ditambah dengan beberapa aktor yang aktingnya payah, includes Robert sendiri.
Tapi ya yang namanya bikin film kan sulit ya, jadi saya hargai deh ...
Lagipula, pemvisualisasian tokoh-tokoh dari bukunya cukup cocok seperti yang saya pikirkan
Dan toh, tahun 2010, New Moon juga akan dirilis, jadi ya sudah ... dinikmati saja filmnya
Buat kalian yang penasaran silahkan dilihat, walaupun gak worth to seen banget, tapi bagi yang sudah membaca bukunya, ya inilah salah satu kesempatan untuk melihat Edward Cullen versi film


Friday and Saturday
Studi Ekskursi MMT kali ini diadakan dua hari, dengan perjalanan menuju 4 tempat. Hari pertama kami melakukan trip ke dua perusahaan BUMN, yaitu Petrokimia Gresik yang merupakan perusahaan penghasil pupuk dalam negeri, dan Semen Gresik, BUMN pertama yang ada di Indonesia.
Did you know, kalau ternyata pabrik Semen Gresik itu sudah dipindah ke Tuban sejak tahun 1997. Jadi yang di Gresik itu, merupakan pusat penelitiannya saja.

Foto lain bisa dilihat di sini :
Studi Ekskursi :: day one ::

Sedangkan hari kedua kami melanjutkan perjalanan ke Tjiwi Kimia dan Proyek Jembatan Suramadu.
Mana yang paling berkesan ?? Tentu saja hari kedua, bukan hanya karena lebih banyak objek untuk difoto, juga lebih banyak pengetahuan yang kami dapatkan (saya sendiri khususnya)
Saya acungin jempol banget buat Tjiwi yang menerapkan Green Industries dalam perusahaannya, limbah-limbahnya diatur dengan baik, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.
Selain itu Tjiwi juga banyak melakukan Coorperate Social Responsibility, diperlihatkan dengan peduli pada AIDS dan penanggulangan narkoba. Selain juga kemitraan dengan masyarakat sekitar pabrik dilakukan agar terjadi kesinambungan dan menghindari adanya ketimpangan sosial.
Kalau Suramadu, yah seperti yang kita ketahui rencana dari bertahun-tahun yang lalu sih proyek ini akan selesai akhir tahun 2008.
But it turns up, harus mundur lagi sampai April 2009.
Ya soalnya emang banyak banget kendala yang dihadapi, dari biaya, teknik, sampai lingkungan.
Sebenernya saya wonders juga sih, kenapa juga ya jembatan Suramadu itu dibangun ?? Hanya dengan alasan peningkatan petensi wisata Jawa Timur dan Madura khususnya?? Hmm... agak MAHAL ya. Well, any idea ??


Foto lainnya bisa dilihat di sini :
Studi Ekskursi :: day two ::
Sebenernya satu yang agak bikin saya sebel temen-temen sekelas saya nggak ada yang ikut SE, akhirnya saya ngerasa sendirian (untungnya ada Jeng Putri, Mbak Tyas dan Nissa - yang notabene tidak sekelas dengan saya, mau nemenin saya)

Tapi ... saya ngerjain tugas-tugasnya sama sapa ??????

Wednesday, December 3, 2008

3D Chalk Drawing

Sekedar kopas dari email yang saya dapat dari teman saya ... ini KEREN BANGET !!!!!!


Kalian suka yang mana ?? Saya suka yang versi JAWS itu ... keren, realis banget pavingnya

Jadi pengen belajar buat lukisan seperti ini ... tapi jangan di musim hujan kaya'nya ya, bisa luntur semua tuh :p. Kalau mau cari gambar-gambar yang lain, googling aja kalee ya ...

Emang gokil ide-ide orang ini ... ck ck ck ...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...